WorldSBK Mandalika Tetap Digelar di November 2021, MotoGP Mandalika Akan Dipentaskan Maret 2022!

Pembangunan sirkuit Mandalika | Foto Speedweek

BalapMotor.Net – Gelaran MotoGP Mandalika yang sebelumnya digadang-gadang bakal digelar di tahun 2021, kini akhirnya terkonfirmasi bakal digelar di bulan Maret 2022. Namun gelaran WorldSBK tetap digelar di bulan November tahun 2021.

Hal tersebut dikonformasi setelah FIM serta Dorna Sport telah meninjau langsung pembangunan sirkuit Mandalika pada hari rabu 7 April 2021. Peninjauan tersebut dilaksanakan usai gelaran MotoGP seri 2 Doha Qatar 2021.

Kujungan tersebut dilakukan oleh Safety Officer Grand Prix FIM Franco Uncini, Perwakilan Race Direction Dorna Loris Capirossi dan Direktur Pelaksana Dorna Sports Carlos Ezpeleta untuk menilai kemajuan dari pembangunan sirkuit Mandalika.

SSS Racing

Selama proses pemeriksaan, perwakilan dari FIM dan Dorna Sports yang diterima oleh Direktur Utama PT Pengembangan Pariwisata Indonesia (Persero) atau Indonesia Tourism Development Corporation, Abdulbar M. Mansoer dan Chief Executive Officer Mandalika Grand Prix Asosiasi Ricky Baheramsjah, terkesan dengan evolusi proyek serta standar keselamatan yang diterapkan.

Peninjauan FIM Dan Dorna Sport di Pembangunan Sirkuit Mandalika |Foto: ITDC

Target tetap untuk Mandalika International Street Circuit yang baru untuk menjadi tuan rumah Kejuaraan Dunia MOTUL FIM Superbike pada 14 November 2021. Namun, karena pandemi COVID-19 yang sedang berlangsung, semua pihak yang terlibat sepakat untuk mengadakan FIM MotoGP ™ World Championship seri pertama di bulan Maret 2022.

Namun, jika MotoGP dapat mengadakan balap di Asia Tenggara menjelang akhir 2021, upaya akan dilakukan untuk melakukan tes yang mungkin dilakukan oleh Tim Kelas MotoGP di Mandalika International Street Circuit selama periode waktu tersebut untuk mengantisipasi masuk ke kalender tahun 2022.

Peninjauan FIM Dan Dorna Sport di Pembangunan Sirkuit Mandalika |Foto: ITDC

Menteri Badan Usaha Milik Negara Erick Thohir menyatakan, “Saya mendukung penuh ajang MotoGP yang akan diselenggarakan pada Maret 2022. Hal ini sejalan dengan program percepatan vaksinasi nasional dari pemerintah Indonesia. Kami ingin menjamin keamanan ¡pengunjung domestik dan internasional. ”

“Kunjungan ke Lombok sangat sukses dan kami dapat memastikan bahwa Sirkuit Internasional Mandalika akan menjadi salah satu venue terpenting di kalender kedepannya. Kami juga tahu bahwa suporter dari Indonesia akan hadir secara masif dan GP akan menjadi satu. salah satu yang paling ikonik sepanjang musim. Indonesia adalah pasar utama, tidak hanya untuk Dorna tetapi juga untuk semua pemangku kepentingan Championship “, komentar Carmelo Ezpeleta, CEO Dorna.

Peninjauan FIM Dan Dorna Sport di Pembangunan Sirkuit Mandalika |Foto: ITDC
GM-helm PARD