Virtual Pit Boards Akan Dicoba Saat GP Sachsenring, Penasaran ?

Virtual Pit Boards Akan Dicoba Saat GP Sachsenring, Penasaran ?
Virtual Pit Boards mulai akan di ujicoba saat GP Sachsenring | Foto: gpone

BalapMotor.Net – Virtual Pit Boards salah satu teknologi canggih yang bertujuan untuk mengirimkan pesan kepada para pembalap ternyata mulai akan di coba penggunaannya sejak GP Sachsenring akhir pekan ini.

Pengujian Virtual Pit Boards ternyata sudah dilakukan sejak tahun lalu, dan terus berlanjut hingga MotoGP 2017, tujuannya tentu jelas, memberikan pesan kepada setiap pembalap disaat terjadi insiden selama balapan.

Saat GP Sachsenring nanti, setiap tim akan menguji sistem ini selama sesi kualifikasi dan balapan. Race Direction akan memberikan pesan kepada setiap pembalap, saat pembalap tersebut mendapatkan penalty, atau saat akan melambaikan bendera apapun. Jadi pesan tersebut dapat dibaca pada dashboard motor pembalap masing-masing.

SSS Racing

Seperti pada gambar di atas, Race Direction mampu mengirimkan tujuh tanda pesan kepada setiap pembalap, mulai dari red flag, black flag, blue flag, black flag with orange disc, ride through, drop a position, exceeding track limit. Teks ini digunakan untuk memberikan sinyal peringatan kepada para pembalap, sehingga pembalap paham akan antisipasi yang harus dilakukan.

Tim yang sudah bisa menggunakan Virtual Pit Boards ini memang hanya beberapa. Sebagai salah satu contohnya adalah Ducati, yang menyatakan sudah siap untuk ujicoba, sementara itu Yamaha belum akan menggunakan sampai tahun depan.

Penggunaan Virtual Pit Boards masih pada tahapan ujicoba, karena baru akan mulai digunakan pada MotoGP 2018. Dengan penggunaan Virtual Pit Boards ini juga dapat memberikan informasi kepada para pembalap, kapan harus datang ke pit untuk mengganti motor, atau memberi tahu kepada pembalap tentang celah dari pembalap yang ada di depan atau di belakang.

Oleh karena itu Virtual Pit Boards akan menjadi alat komunikasi utama dalam hal manajemen balapan, di musim depan. Akan lebih menarik lagi tentunya MotoGP di musim depan. [Deni]

GM-helm PARD