Tinggal Suzuki dan Yamaha yang Belum Melakukan Tes, Kenapa?

Sylvain Guintoli merupakan sosok penting bagi kesuksesan Suzuki | Foto : MotoGP

BalapMotor.Net – Dua pabrikan ini terlihat santai menghadapi musim kompestisi 2021. Adalah Yamaha dan Suzuki yang sama sekali belum mencoba pacuan MotoGP nya. Tes rider mereka kedapatan belum menjajal M1 ataupun GSX-RR.

Cal Crutchlow sebagai penguji Yamaha nampaknya harus bersabar hingga 5 Maret mendatang.  Pun dengan Sylvain Guintoli yang nampaknya baru akan menjajal pacuan utama Suzuki di sirkuit Losail Qatar sebelum tes resmi pembalap MotoGP.

SSS Racing

Padahal, pabrikan lain sudah disibukan dengan tes pribadi yang dilakukan di sirkuit Jerez, Spanyol. Seperti Stefan Bradl sudah mencoba Honda RC213V selama 7 hari. Lanjut Dani Pedrosa dan Mika Kallio menjajal KTM RC16 selama 3 hari.

Selain mereka, ada pula Michele Pirro yang mengeluarkan Ducati Desmosedici GP21 dan pasangan Aleix Espargaro-Lorenzo Savadori dengan Aprilia RS-GP.

Dikutip dari GP-Inside, krisis kesehatan menjadi penghalang Yamaha. Mereka cukup kesulitan dalam mengirimkan insinyur dan peralatan dari Jepang ke Eropa. Alhasil, mereka harus menunggu dan baru bisa mencoba di Qatar.

Sementara Suzuki tidak terlalu pusing seperti Yamaha. Pasalnya, meskipun belum mencoba tunggangan musim ini, namun Suzuki memiliki motor yang lebih berkembang. Mereka menutup musim 2020 dengan gelar juara dunia dan gelar tim. Sedangkan Yamaha, justru terus mendapat kritikan tentang performa motor mereka.

Nah, akankah Yamaha dan Suzuki langsung bisa kompetitif meskipun persiapan dan uji coba motor dilakukan begitu singkat? Kita tunggu pembuktiannya.

Tes Pramusim MotoGP 2021:
  • 5 Maret: Shakedown MotoGP Losail (Qatar)
  • 6-7 Maret: Tes MotoGP Losail (Qatar)
  • 10-11-12 Maret: Tes MotoGP Losail (Qatar)
  • 19-20-21 Maret: Tes Moto2-Moto3 Losail (Qatar)
GM-helm PARD