Test Pra-Musim ARRC 2018 Thailand : Dua Pembalap Baru Yamaha Racing Indonesia Terus Berikan Progress

Wahyu Aji, M Faerozi dan Richard Taroreh

BalapMotor.Net – Gelaran Asia Road Racing Championship (ARRC) musim 2018 dimulai dengan adanya sesi test pra-musim yang berlangsung mulai siang tadi (27/2) di sirkuit Chang-Buriram, Thailand. Tim Yamaha Racing Indonesia (YRI) sendiri untuk pertama kalinya tampil dengan dua rider barunya di kelas AP250.

Richard Taroreh dan M Faerozi merupakan dua pembalap baru yang akan menemani Wahyu Aji Trilaksana yang tetap bergabung di tim ini untuk tarung di kelas UB150. Secara pengalaman, memang kedua pembalap ini cukup minim, terutama untuk balapan di level internasional.

LENKA MiniGP SSS Racing

Namun mereka berdua mampu menunjukan progress yang cukup maksimal. Mereka mampu terus memangkat best time pada tiga sesi yang digelar siang tadi. Richard Taroreh terbukti menajamkan best-timenya dari latihan bebas 1 (FP1) pada torehan waktu 1 menit 57,043, terus dipersingkat menjadi 1 menit 55,346 detik dan 1 menit 55,307 detik. Alhasil, ditingkatkan hingga lebih cepat 2 detik dan berada di deretan ke-7 dan ke-8.Test Pra-Musim ARRC 2018 Thailand : Dua Pembalap Baru Yamaha Racing Indonesia Terus Berikan Progress

“Saya senang dengan hasil latihan hari ini. FP1 penyesuaian set-up body dengan data saat wild-card ARRC 2017. Feeling motor lebih nyaman di FP2 terutama dalam riding-style. FP3 harapannya lebih baik, namun perubahan mapping dan set-up suspensi ini kurang sesuai. Kita akan kembalikan ke data sebelumnya untuk dicoba free-practice besok,” ujar Richard Taroreh yang merupakan juara nasional Kejurnas Sport 150 cc.

Sementara itu, M Faerozi dari awalnya 1 menit 57,658 menjadi lebih tajam di angka 1 menit 56,713 detik dan 1 menit 55,597 detik. Ingat, bahwa ini penampilan pertama M Faerozi di lintasan sepanjang 5,4 km tersebut.

“Secara bertahap, saya pelajari irama sirkuit dan set-up body agar semakin nyaman. FP1 saya lebih fokus untuk mencari racing-line, kemudian FP2 dan FP3 set-up suspensi agar dapat lebih cepat masuk dan keluar tikungan. Besok saya akan mencoba menu baru sesuai hasil hari ini,“ ucap M Faerozi., pembalap asal Lumajang, Jawa Timur yang di musim sebelumnya masih balap full Motoprix di kelas pemula ini.

M FaeroziTest Pra-Musim ARRC 2018 Thailand : Dua Pembalap Baru Yamaha Racing Indonesia Terus Berikan Progress

Tentu saja, masih terbuka potensi rider untuk mempertajam waktunya dalam tes Buriram ini. Proses komunikasi dengan teknisi akan memberikan hasil yang lebih baik.

“Jadi di hari pertama ini, kami memberikan kesempatan kepada masing-masing pembalap untuk lebih mengenal motor dan perubahan motor dengan set-up berbeda. Kami yakin dengan melihat data dan fakta di hari pertama, maka perlahan-lahan kita dapat meningkatkan kecepatan untuk sesi selanjutnya,” tambah Wahyu Rusmayadi, Manajer tim Yamaha Racing Indonesia (YRI). So, kita tunggu saja.

APRILIA GM-helm VND Racing PARD