Tes MotoGP Sepang : Valentino Rossi Girang Dengan Seamless

GM-helm

BalapMotor.Net – Kembali  Sirkuit Sepang menjadi tuan rumah uji coba resmi pra musim kedua MotoGP 2015 (23-25/2). Momen ini menjadi debut duo pembalap Yamaha, Jorge Lorenzo dan Valentino Rossi, merasakan manfaat transmisi seamless terbaru Yamaha yang full seamless dalam artian tak perlu pakai kopling saat menambah atau mengurangi gigi persneling.

“Kami begitu penasaran dengan transmisi baru dan impresi pertamaku terhadap part ini cukup positif. Memang tidak memberikan perubahan besar tapi bisa memberi manfaat dan mendukung keseluruhan fungsi motor sehingga bisa lebih cepat,” ungkap Rossi.

“Setelah aplikasi transmisi full seamless, Yamaha M1 2015 mampu mengerem dengan lebih baik motor lebih stabil saat pengereman dan saat masuk tikungan. Kami bisa sedikit mengaplikasi teknik sliding saat masuk tikungan dan motor tetap nurut. Tahun lalu mustahil bisa sliding karena motor akan menjadi liar ketika ban belakang diajak ngepot,” papar Rossi.

Namun, menurut Rossi aplikasi transmisi baru ini perlu penyesuaian di seting motor secara keseluruhan. Bukan perubahan yang frontal namun lebih kepada penyempurnaan setingan sehingga bisa memaksimalkan potensi transmisi yang cara kerjanya mirip transmisi matic ini. “Kami harus menyesuaikan setingan motor supaya kelebihan girboks ini bisa maksimal manfaatnya,” ujar Rossi yang menjadi tercepat di hari pertama dan keenam di hari kedua. RK

SSS Racing