Terus Dikritik, Sirkuit Catalunya di Renovasi

Sirkuit akan direnovasi demi tetap masuk kalender MotoGP 2018 | Foto: gpone

BalapMotor.Net – Sirkuit de Catalunya yang terletak di Barcelona, Spanyol akhirnya akan direnovasi, dan dipastikan akan masuk pada kalender MotoGP 2018. Hal ini dilakukan, karena kondisi aspal yang mulai jelek, karena belum pernah diperbaiki sejak 2007. Kecelakaan Luis Salom pada 2016 juga jadi salah satu alasan sirkuit ini diharuskan lakukan renovasi.

Kritik dari para pembalap juga menjadi alasannya, terutama saat Valentino Rossi lakukan pertemuan dengan Komisi Keamanan GP pada jumat malam sebelum jalannya balapan, yang dimana tidak ingin menggunakan chicane yang dianggap berbahaya, akhirnya balapan diputuskan untuk gunakan layout F1 kala itu.

Pembalap KTM Bradley Smith juga memberikan kritiknya usai balapan di Sirkuit de Catalunya, sirkuit dianggap memiliki kualitas aspal yang jelek, dan apabila ingin masuk kalender MotoGP di tahun, Smith mengultimatum harus ada perbaikan di sirkuit ini, terutama soal aspal.

SSS Racing

Dan pada pekan lalu, Carmelo Ezpeleta selaku CEO Dorna, juga memberikan peringatan jika Sirkuit de Catalunya tidak ada perbaikan, maka di musim depan tidak dimasukan dalam kalender MotoGP.

“Jika Catalunya tetap berada di kalender kami, kami akan memiliki 19 balapan, dan jika tidak, 18,” Ezpeleta mengatakan kepada surat kabar Spanyol AS, mengacu pada kemungkinan masuknya Thailand pada kalender MotoGP 2018.

Namun, usai mendengarnya bos Sirkuit de Catalunya langsung memberikan sinyal bahwa sirkuit ini akan direnovasi demi siap masuk pada kalender MotoGP 2018. Tentunya sang bos berjanji akan lakukan perbaikan pada aspal, demi memberikan kenyamanan untuk para pembalap. Run-off area di tikungan 12 juga akan ditingkatkan, sementara posisi tribun akan dipindahkan di tikungan terakhir.

“Kami telah menjalin kerjasama satu setengah tahun, mencari sumber dana untuk periode keuangan 2018-2019, dan sekarang yang ingin kami lakukan adalah memajukan sirkuit untuk satu tahun ke depan,” kata bos Sirkuit de Catalunya Joan Kata Fontsere kepada Motorsport.com. [Deni]

GM-helm PARD