Tepat Hari Ini, Daijiro Kato Meninggal Dunia Setelah Crash Sirkuit Suzuka Jepang

Foto: MotoGP
GM-helm

BalapMotor.Net – Tepat di hari ini 20 April 2020, 17 Tahun yang lalu pembalap berbakat asal Jepang, Daijiro Kato meninggal dunia. Kato yang saat itu menunggangi RC211V, saat membela tim Telefonica Movistar Honda, mengalami kecelakaan di sirkuit kelahirannya sendiri Suzuka, Jepang.

Pada 6 April 2003 yang merupakan race pertama MotoGP musim itu, Kato mengalami kecelakaan fatal dengan menabrak dinding pembatas sirkuit. Rider tersebut menabrak dinding pembatas sirkuit dengan kecepatan 200 Km/jam.

Foto: MotoGP

Setelah di investigasi, Daijiro Kato mengalami kecelakaan karena kehilangan kontrol pada motornya. Ia dibawa ke rumah sakit dalam kondisi kritis menggunakan helikopter. Namun sayang, nasib berkata lain, Daijiro Kato tak mampu bertahan.

Berita kematiannya tersebar pada tanggal 20 April 2003, tepat dua minggu setelah balapan. Daijiro Kato sempat menorehkan prestasi selama karirnya, salah satunya adalah juara dunia GP 250 cc tahun 2001.

Tak hanya itu, ia juga sempat digadang-gadang menjadi penantang terberat Valentino Rossi kala itu.  Setelahnya Suzuka mendapat banyak protes dari pembalap hingga akhirnya tak lagi jadi tuan rumah MotoGP Jepang.

SSS Racing