Ten Kate Comeback ke WSBK, Gandeng Yamaha dan Rekrut Baz Jadi Pembalap

ten-kate-comeback-ke-wsbk-gandeng-yamaha-dan-rekrut-baz-jadi-pembalap
Ten Kate Comeback ke WorldSBK, Loris Baz jadi pembalapnya | Foto: worldsbk
Yamaha

BalapMotor.Net – Ten Kate akhirnya secara resmi umumkan kembali turun di kejuaraan WorldSBK musim ini, tim yang bermarkas di Belanda menggandeng Yamaha dan merekrut Loris Baz jadi pembalapnya. Baz dipastikan akan menunggangi Yamaha YZF-R1.

Usai memutuskan untuk berpisah dengan Honda, Ten Kate sempat dinyatakan bangkrut. Ternyata tidak demikian, Ten Kate sejatinya sedang berjuang untuk comeback ke kejuaraan yang membesarkan nama timnya. Ten Kate merupakan tim yang sudah kenyang pengalaman di WorldSBK, sudah lebih dari 16 musim bersaing di kejuaraan WorldSBK dan WorldSSP dengan motor dari pabrikan Honda.

Dipilihnya Loris Baz sebagai pembalap tim tentu mempertimbangkan banyak hal, mengingat pembalap yang satu ini juga sudah berpengalaman berkompetisi di WorldSBK juga pernah turun di MotoGP.

Baz pernah turun di WorldSBK dalam kurun waktu 2012-2014, musim berikutnya ia hijrah ke MotoGP, kariernya tak berjalan mulus, satu musim di Forward Racing (2015), kemudian pindah memperkuat Avintia Racing selama dua musim (2016-2017). Setelah itu, Baz menganggur.

Yamaha sendiri buat Baz bukanlah pabrikan yang asing, mengingat Yamaha ikut mengawali karier mudanya sekaligus yang ikut mengantarkan pembalap asal Prancis saat masih muda menjuarai Superstock 600 pada 2008.

“Saya bangga bertemu dengan tim ini, salah satu yang ternama di Belanda. Saya pernah gabung di paddocknya pada 2008, jadi saya sudah tahu namanya, bahkan saya pernah menjalani dua race dengan tim ini di masa lalu,” ungkap Loris Baz dikutip dari laman worldsbk.com.

“Saya juga merasa senang bisa gabung dengan Yamaha, ini salah satu merek yang saya cintai, merek yang ikut mengawali karier saya, juga berhasil mengantarkan saya meraih gelar juara Superstock 600. Saya sangat senang untuk ini,” tambahnya. [DK]

GM-helm SSS Racing