Tanpa Sayap Adalah Masalah Buat GP17, Kata Dall’Igna

Sayap jadi promblem utama GP17 bermasalah | foto: gpone

BalapMotor.Net – Usai beberapa hari setelah tim Pramac melakukan presentasi tim, kita sang Direktur Ducati mengomentari hasil tes pra-musim di Philip Island, yang hasilnya diluar dugaan, di mana GP17 mengalami lebih banyak masalah daripada yang telah diharapkan.

“Kita tak puas setelah hasil tes di Philip Island, teknisi mengatakan tanpa menggunakan sayap dampaknya luar biasa dan diluar dugaan. Saya haru katakan memang peraturan baru tak ideal buat kami, tetapi pada akhirnya itu akan berguna untuk kami mencari tahu dan melakukan perbaikan untuk ke depannya,” kata Dall’Igna.

Memang sejak regulasi baru dikeluarkan yang melarang penggunaan sayap pada motor, Ducati sangat merasakan dampaknya, masalah aerodinamika pada motor tanpa menggunakan sayap dirasa sangat sulit dan memberatkan, terbukti hasil tes pra-musim kedua Ducati, sangat jauh dari apa yang diharapkan.

SSS Racing

Tim Ducati pabrikan sampai sejauh ini terus melakukan percobaan untuk menjawab masalah yang terjadi pada motornya ini, dari data yang di dapatkan selama tes pra-musim yang sudah dilakukan, “dari data yang dikumpulkan sedikit demi sedikit telah menjawab masalah utama yang kita hadapi, itu ada di bagian depan,” katanya.

Regulasi baru ini menuntut pabrikan untuk mencari solusi pengganti sayap, sebelumnya Yamaha, Suzuki, dan Aprilia telah menggunakan fairings dengan model yang mereka buat. “Kami memiliki keterbatasan dalam pengembangan aerodinamis musim ini, sehingga akan penting mempertimbangkan segala hal sebelum kami memperkenalkan solusi yang kami buat, itulah sebabnya kami butuh waktu,” kata Dall’Igna. Sementara itu  esainer Borgo Panigale telah menyusun solusi yang dibuat waktu ke waktu. (Deni)

GM-helm PARD