Suzuki dan Aprilia Gunakan Pengganti Winglet

Penampakan pengganti winglet pada motor Suzuki | foto: autosport

BalapMotor.Net – Pabrikan Suzuki dan Aprilia terlihat mencoba pengganti winglet di tes pra-musim MotoGP hari kedua di Philip Island, ini jadi solusi setelah penggunaan winglet dilarang musim ini karena dianggap membahayakan pembalap.

Tentu Suzuki dan Aprilia bukan yang pertama, karena Yamaha telah lebih dulu menemukan pengganti winglet yang mulai coba digunakan saat tes pra-musim di Sepang. Penggunaan pengganti winglet bagi pembalap Suzuki, Andrea Iannone dan Alex Rins belum begitu berpengaruh, dan hasil dari ini akan di evaluasi di hari terakhir tes pra-musim Jumat besok.

“Kami akan coba fairing baru di dua hari terakhir,” kata Rins. “Kesimpulannya tak begitu terasa pengaruhnya, saya hanya rasakan hingga 10 lap. Memang benar kalau penggunaan fairing memiliki perbedaan tak seperti motor yang biasanya, tetapi kita masih perlu perbaikan agar dampaknya terasa, pada tes besok kita akan kembali coba fairing ini,” tambah Rins.

Aprilia pamerkan pengganti winglet di tes hari kedua Philip Island : foto: autosport
SSS Racing

Bagi Aprilia fairing baru merupakan solusi bagi RS-GP, tetapi Aleix Espargaro merasa kalau ini masih butuh perbaikan untuk kembali siap digunakan. “Fairing ini tidak buruk,” katanya. “Dari catatan waktu telah menunjukkan bahwa semuanya terlihat menarik, karena bisa melakukan downforce tanpa kehilangan kecepatan, itu penting,” ujar Aleix Espargaro.

“Ini benar-benar khusus, dan banyak perubahan sehingga kecapatan bisa sangat cepat, memang motor sedikit lebih berat. Kita akan kembali coba di Qatar, karena perbedaannya cukup tinggi. Kita perlu coba di sirkuit yang lebih normal,” tambahnya.

Aprilia merasa tertinggal jauh dari para rivalnya di MotoGP sejak kembali ikut ambil bagian di kelas utama, dan sementara itu sang pembalapnya, Espargaro mengatakan kalau dirinya tak inginkan pengganti winglet untuk motor bisa lebih melaju kencang. (Deni)

GM-helm PARD