Sirkuit MotoGP Indonesia 2021, Sejarah Istimewa Dalam MotoGP

Foto By CRASH
Yamaha

Balapmotor.Net – Setelat Dorna mengkonfirmasi bahwa kesepakatan telah dicapai untuk digelarnya MotoGP dan WorldSBK di sirkuit bergaya jalan raya yang akan dibangun di kawasan wisata Mandalika di pulau Lombok.

Sirkuit mandalika rencananya akan mengusung konsep balap jalan raya dan banyak yang mempertanyakan sisi safety jika menggelar balap motoGP. namun Keragu-raguan semacam itu secara langsung diatasi oleh Mark Hughes dari MRK1 Consulting yang bekerja bersama dengan RoadGrip Motorsport, telah ditunjuk oleh Perusahaan Pengembangan Pariwisata Indonesia (IDTC) untuk merencanakan, dan membangun sirkuit baru di Indonesia.

“Kami sangat sadar bahwa ketika kami mengumumkan proyek ini ada sejumlah skeptisisme yang masuk akal tentang konsep sirkuit jalanan raya. Kami harus memperjelas bahwa trek telah dirancang dan akan dibangun dengan standar keamanan FIM yang sesuai untuk MotoGP.” ,” Ungkap Hughes, saat presentasi proyek di Grand Prix Qatar

Foto by CRASH

Bisa dipastikan bahwa trek sirkuit mandalika akan mempunyai kulaitas yang sangat istimewa. dan juga digelarnya MotoGP dan WSBK di sirkuit yang memiliki konsep jalan raya akan menjadi sejarah tersendiri dalam kalender MotoGP. pasalnya belum pernah digelarnya balapan motoGP di Sirkuit yang memiliki konsep jalan raya dengan lisensi grade A.

Sirkuit mandalika rencananya akan memiliki  panjang trek lebih dari 4,3 km, dengan  total 19 tikungan. 50.000 kursi penonton. tak hanya itu digelarnya MotoGP dan WSBK di Indonesia akan mengobati dahaga akan balapan motor paling kencang di dunia ini. Pasalnya terakhir kali Indonesia menggelar hajatan sekelas MotoGP ialah pada tahun 1997 di Sirkuit Sentul Bogor.

So sangat bisa dipastikan Audiensi balap motoGP di indonesia akan sangat membludak pasalnya Indonesia dikenal memiliki fansbase motoGP yang sangat luar. wih jadi gak sabar nih menanti digelarnya MotoGP di Sirkuit Mandalika Lombok. |fajar


SSS Racing GM-helm