Sirkuit Baru Navarra! Ini Kata Pembalap yang Sudah Mencoba

Picture: WorldSBK

BalapMotor.NetKejuaraan Dunia Superbike akan kembali bergulir akhir pekan ini di sirkuit Navarra, Spanyol pada 20-22 Agustus. Ini merupakan putaran ketujuh pada musim 2021. Perlu diketahui juga, sirkuit Navarra merupakan tempat baru untuk ajang WorldSBK.

Sirkuit Navarra terletak di Los Arcos, Spanyol utara sendiri dibuka pada Juni 2010 dan memiliki panjang 3,933 km dengan 15 tikungan (9 kekanan – 6 kekiri). Deretan pembalap Superbike sudah sempat menjajal sirkuit ini saat tes pra musim beberapa bulan lalu.

Sebagian besar dari mereka memuji karakter sirkuit Navarra. Seperti yang dilontarkan oleh juara bertahan, Jonathan Rea. “Tikungan satu adalah bola besar! Ini gigi keenam, tip di sana dan tidak seperti tikungan lain di dunia, itu sebabnya unik. Tidak sulit untuk melaju cepat di sini, tetapi sulit untuk melaju sangat cepat. Sirkuitnya sangat ketat dan sangat teknis,” kata pembalap Kawasaki Racing Team WorldSBK.

Foto: Joanthan Rea
SSS Racing

Hal senada juga dilontarkan rekan setimnya, Alex Lowes. “Bagi saya, treknya sangat bagus. Ada banyak karakter. Beberapa bagian cukup kecil, sedikit naik turun, beberapa tikungan sangat cepat. Tikungan pertama luar biasa, sangat cepat dan semakin ketat. Treknya cukup teknis. Saya sangat menikmatinya!” ujarnya.

Pembalap Yamaha asal Amerika, Garrett Gerloff juga mengomentarinya. “Ini jelas merupakan tata letak yang menarik! Ada beberapa tempat yang mengingatkan saya pada Misano, misalnya, dan mungkin Portimao. Ini memiliki karakteristik yang unik. Saya pikir saya di gigi pertama enam kali di trek jadi itu pasti ketat, agak mengingatkan saya pada trek go-kart,” paparnya.

Garrett Gerloff | Pic: WorldSBK

Tak ketinggalan pembalap Team HRC juga ikut memuji. “Agak sulit untuk dipahami tetapi, pada akhirnya, itu sangat menyenangkan. Rasanya seperti menari dengan sepeda untuk seluruh putaran. Saya pikir ketika kami balapan di sini, itu akan menjadi balapan yang menarik,” ungkap Leon Haslam dilansir dari worldsbk.com.

GM-helm PARD