Selamat Jalan Afridza Syach

Afridza Syach Munandar
Yamaha

BalapMotor.Net – Dunia balap motor kembali berduka. Salah satu pembalap terbaik Indonesia yaitu Afridza Syach meninggal dunia saat bertarung di race 1 Asia Talent Cup (ATC) putaran 6 yang berlangsung di sirkuit Sepang, Malaysia sore tadi (2/11).

Pembalap 20 tahun asal Tasikmalaya yang sebenarnya mempunyai peluang untuk merebut gelar juara ATC di musim keduanya ini mengalami kecelakaan saat lap pertama. Afridza Syach yang sedang bertarung di posisi kelima menyenggol pembalap lain di depannya dan terjatuh.

Lalu, pembalap pendiam ini tertabrak oleh pembalap lainnya yang berada pada rombongan belakang. Balapan race 1 ATC sendiri akhirnya dihentikan karena insiden tersebut. Afridza sendiri sempat dilakukan penanganan medis dan dibawa oleh helikopter, tetapi akhirnya nyawa Afridza Syach tidak tertolong.

Afridza Syach saat beraksi di ATC | Foto: AHM

Penulis cukup mengenal Afridza Syach. Pembalap yang bikin geger putaran awal Kejurnas Oneprix ini merupakan salah satu pembalap yang pendiam dan tidak neko-neko. Mengawali karier balap di Kejurnas bersama tim Yamaha SND pada 2014-2016, Afizda mampu runner up Motoprix region II pada kelas MP5 dan MP6 pada 2014.

Lalu pada 2016 Afridza mampu meraih medali perak pada gelaran PON 2016 di Tasikmalaya. Setelah berpindah dari pabrikan Yamaha ke Honda tepatnya di tim Honda Trijaya pada 2017, Afridza Syach mampu meraih double winner juara Indonesia yang diraihnya pada grand final Motoprix di Aceh Timur.

Pada 2018 sendiri, Afridza terpilih menjadi pembalap yang tarung di ajang Asia Talent Cup (ATC) dan berlanjut di 2019 ini. Pada tahun ini Afridza sendiri juga berpeluang menjadi juara nasional Oneprix dengan menjadi pimpinan klasemen sementara kedua.

Tentu saja kepergian Afridza Syach sangat membuat pecinta balap dunia khususnya tanah air berkabung. Selamat jalang Afridza…

GM-helm SSS Racing