Salah Lakoni Hukuman Penalty di Seri Brno, Akankah Johann Zarco Akan Dihukum Lagi di MotoGP Austria?

Johann Zarco MotoGP Brno 2020 |Foto: motoGP
GM-helm

BalapMotor.Net -Pembalap Avintia Racing yang raih podium 3 di seri Brno Ceko yakni Johnn Zarco terkena long lap penalty usai insidennya dengan Pol Espargaro di MotoGP Ceko 2020.

Namun pembalap asal Prancis tersebut menjalani hukuman penalty tersebut dengan cukup unik yaitu dengan kecepatan tinggi, gaya menikung yang tetap keren, dan menuai pujian banyak orang.

Sesuai regulasi pasal 1.19.1, “Pembalap harus berada di dalam garis rute long lap penalty, jika ada kesalahan maka pembalap harus mengulang sanksinya atau akan ada penalti lain diberikan dari juri.”

“Pembalap yang menjalani long lap penalty bertanggung jawab kembali ke trek utama dengan mengedepankan keselamatan tanpa mengganggu pembalap lain. Atau pelanggaran akan dihukum lagi.”

Dari pasal itu, benar bahwa Zarco tidak menjalankan penalti dengan benar karena lutut, siku, dan sebagian atas motornya berada di luar rute long lap, meskipun kedua ban masih di dalam.

Johann Zarco MotoGP Brno 2020 |Foto: motoGP

Tentu lucu jika memang akhirnya Zarco dianggap salah menjalani penalti. Karena komentator balapnya saja memuji manuver Zarco tersebut, bahkan akun resmi MotoGP mengunggah video aksinya.

Disisi lain pembalap tim Avintia ini sebenarnya mendapat banyak pembelaan dari berbagai pihak. Casey Stoner misalnya yang menilai Pol yang salah memaksakan masuk meski posisinya sempat melebar, dan Zarco tak salah masuk jika ada ruang terbuka.

Selain Stoner, masih banyak lagi yang membela bahwa Zarco tak salah. Tapi siapa sangka ternyata KTM masih belum terima dengan penalty yang dijalani mantan pembalapnya itu.

SSS Racing