Rusia Tidak Diperhitungkan Lagi Untuk Menggelar MotoGP

The Ignora Drive Circuit | Foto: Speedweek

BalapMotor.Net – Rusia yang akan mengukir sejarah dengan pertama kali menggelar MotoGP nampaknya akan kecewa. Karena otoritas anti doping dunia “WADA” saat ini tidak mengizinkan kejuaraan dunia berlangsung disana.

Ketika Dorna dan asosiasi sepeda motor dunia FIM menerbitkan kalender MotoGP yang direvisi 2021 seminggu yang lalu, para pengamat memperhatikan bahwa Sirkuit Drive Igora baru di dekat St.Petersburg tidak dimasukkan dalam jadwal.

Desember lalu, Dorna masih mempertimbangkan untuk memasukkan GP Rusia pertama dalam sejarah. Namun, menurut keputusan Pengadilan Olahraga Internasional (CAS), setelah skandal doping di Rusia, tidak ada kejuaraan olahraga dunia yang boleh digelar disana hingga akhir 2022.

SSS Racing

Sejauh ini, WADA juga belum memberikan lampu hijau kepada FIM untuk Kejuaraan Dunia Ice Speedway Rusia 2021 di Togliatti pada pertengahan Februari! Itulah sebabnya pembuat Kejuaraan Dunia Motocross dan Kejuaraan Dunia Superbike terancam pembatalan.

Lebih buruk lagi, Rusia telah menutup perbatasannya untuk menahan epidemi Covid-19. Mendapatkan visa saat ini tidak mungkin. Selain itu, Igora Drive Circuit sepanjang 4 km belum menerima homologasi Grade A dari FIM untuk penanganan Grand Prix, beberapa modifikasi harus dilakukan yang belum selesai.

“Jika situasi dengan WADA tidak berubah, kami tidak akan dapat menyelenggarakan Kejuaraan Dunia yang dijalankan di Rusia untuk saat ini,” jelas CEO Dorna Carmelo Ezpeleta dalam wawancara dengan SPEEDWEEK.com.

GM-helm PARD