Profil Garrett Gerloff, Calon Kuat Pengganti Valentino Rossi di MotoGP Eropa 2020

Garrett Gerloff tampil Ciamik di Debut Perdana balap WorldSBK Bersama GRT Yamaha |Foto: Instagram
GM-helm

BalapMotor.Net – Pembalap WorldSBK yang membela tim GRT Yamaha, Garrett Gerloff diprediksi menjadi calon kuat pengganti Valentino Rossi di gelaran MotoGP Eropa 2020.

Pasca Valentino Rossi positif Covid-19 sejak Kamis (15/10). Valentino Rossi sampai harus isolasi mandiri, bahkan absen di dua ronde MotoGP 2020. Na’as, Valentino Rossi justru kembali positif Covid-19 setelah jalani tes PCR, Selasa (3/11/2020).

Yamaha akhirnya menunjuk Garrett Gerloff, pembalap WSBK asal Amerika Serikat. Gerloff sendiri mempunyai banyak cetakan prestasi selama berlaga di WorldSBK.

Garrett Gerloff mengawali karirnya turun di MotoAmerica Supersport 2015. 2 tahun kemudian, Tepatnya pada tahun 2016 dan musim 2017, Garrett Gerloff pun langsung menyabet dua juara di ajang balapan tersebut.

Garrett Gerloff tampil Ciamik di Debut Perdana balap AMA Superbike 2019 |Foto: Instagram

Dari situ akhirnya kandidat pengganti Valentino Rossi ini naik kelas ke AMA Superbike di tahun 2018. Menjalani debutnya, Gerloff amat kompetitif berkat dukungan tim pabrikan. Pembalap asal Texas ini gasak lima podium dan duduk di urutan ke-5 di puncak klasemen.

Pada 2019, ia menggebrak dengan empat kemenangan dan 11 podium tambahan, dan duduk di peringkat ketiga. Prestasi inilah yang membuatnya dapat tawaran dari GRT Yamaha untuk turun di WSBK 2020.

Pada awal musimnya di kejuaraan dunia, Gerloff memang sempat tertatih-tatih. Namun, ia bekerja sangat keras hingga performanya jauh lebih kompetitif pada paruh kedua musim dan sukses meraih tiga podium. Gerloff pun mengakhiri musim di peringkat 11 pada klasemen WSBK dengan 103 poin.

 

SSS Racing