Pemilihan Ban Jadi Kunci, Valentino Rossi Optimis Hadapi Hari Kedua

pemilihan-ban-jadi-kunci-valentino-rossi-optimis-hadapi-hari-kedua
Valentino Rossi anggap pemilihan jadi kunci buat Yamaha hadapi balapan akhir pekan ini (17/6) | Foto: Crash

BalapMotor.Net – Valentino Rossi menekankan pentingnya pemilihan ban yang tepat di MotoGP Catalunya, setelah pembalap Yamaha Movistar tercepat di FP1 dan menjadi tercepat kelima di waktu kombinasi FP hari pertama (15/6).

Pembalap Italia meraih hasil positif di hari pertama, Rossi berhasil catatkan waktu tercepat di FP1 dengan catatan waktu 1menit 39.456detik, meski saat sesi sore posisinya melorot ke urutan 11 karena catatkan waktu 1menit 39.989detik di FP2.

LENKA MiniGP SSS Racing

“Saya sudah lakukan waktu putaran yang baik di pagi hari untuk menjadi yang tercepat. Pada sesi sore saya coba berkonsentrasi pada ban, karena Anda perlu melakukan pilihan yang tepat dari pilihan tiga ban belakang dan juga depan, kita harus cari yang terbaik, karena bisa saja satu ban berdampak buruk ke yang lain,” ujar Valentino Rossi.

“Saya pikir pemilihan ban jadi sangat penting dan kita perlu memahami karakteristik ban yang dapat memberikan sesuatu yang lebih. Kami mencoba, tetapi masih belum paham betul dengan karakteristiknya dan kami perlu mencoba dengan jumlah kilometer yang lebih banyak, dan kita sudah melakukan pekerjaan yang baik sejauh ini,” tambahnya.

Rossi yang berada di peringkat kedua klasemen sementara MotoGP 2018 dengan selisih 23 poin dari Marc Marquez yang puncaki klasemen, merasa performa M1 positif di hari pertama, meskipun ia tetap inginkan sedikit perbaikan setelah terlempar dari posisi 10 besar di sesi FP2. Lebih lanjut The Doctor mengatakan bahwa pemilihan ban akan jadi kunci bagi Yamaha mampu meraih hasil maksimal pada balapan akhir pekan ini (17/6).

“Kami memiliki sedikit understeer, terutama memasuki tikungan yang lambat, Anda harus temukan keseimbangan yang tepat, harus memahami karakteristik ban yang pas kemudian baru kita memodifikasi keseimbangan motor, lebih banyak di depan atau lebih di belakang. Semua tergantung dari karet yang digunakan, tapi kita harus temukan keseimbangan juga menghubungkannya dengan pilihan ban,” papar Rossi. [DK]

APRILIA GM-helm VND Racing PARD