Pecco Bagnaia dan Alvaro Bautista Pakai Nomor Start #1 di Musim Ini, Strategi Marketing Ducati?

Pecco Bagnaia dan Alvaro Bautista Pakai Nomor Start #1 di Musim Ini, Strategi Marketing Ducati?

BalapMotor.Net – Nomor start #1 dalam gelaran berseries baik tingkat nasional sampai dengan level dunia memang menjadi nomor start keramat. Hanya sang juara umum pada musim sebelumnya yang berhak menggunakan nomor start tersebut.

Tetapi, dalam gelaran balap MotoGP, nomor start #1 sepertinya sangat jarang digunakan oleh para pembalap peraih juara dunia. Sebut saja Marc Marquez dan Valentino Rossi yang sudah meraih banyak gelar, tetapi belum pernah menggunakan nomor start tersebut.

LENKA MiniGP SSS Racing

Namun, pada musim 2023, Francesco Bagnaia (Ducati Lenovo Team) sang juara dunia MotoGP 2022 akan menggunakan nomor start tersebut. Ini tentunya membuat Bagnaia menjadi pembalap MotoGP pertama yang menggunakan nomor start #1 setelah 11 tahun lamanya.

Pecco Bagnaia dengan tetap ada nomor 63 di dalam nomor start 1

Terakhir adalah Casey Stoner (Repsol Honda) yang menggunakan nomor start #1 pada musim 2012 setelah jadi juara dunia di 2011. Nomor start #1 sendiri dalam sejarahnya di MotoGP seringnya hanya dipakai semusim saja, karena biasanya gagal mempertahankan gelar.

Meski demikian, Bagnaia tetap menempel nomor start keramatnya #63 walaupun ukurannya kecil. Ini juga dilakukan oleh para pembalap lainnya.

“Saya memutuskan untuk memiliki kedua nya di sana dan nomor 63 masih ada di helm saya. Tapi sudah lama sejak terakhir kali kita melihat nomor 1 di MotoGP, saya selalu mengagumi orang-orang yang membalap dengan nomor 1. Saya selalu menyukainya,” ungkap Bagnaia dalam launching tim Ducati Lenovo Team 2023 di Italy.

A Bautista pakai nomor start 1
Alvaro Bautista di WorldSBK Juga

Menariknya, Alvaro Bautista yang merupakan peraih gelar juara dunia WorldSBK musim 2022 juga menggunakan nomor start #1. Bautista sendiri menjadi andalan pabrikan Ducati tepatnya di tim Aruba.it Ducati.

Ini sepertinya merupakan strategi dari pihak pabrikan Ducati menempatkan nomor start 1 kepada dua rider peraih juara dunia di musim lalu. Lagian kan jarang ada pabrikan yang berhasil meraih gelar juara dunia di MotoGP sekaligus di WorldSBK.

Dengan menggunakan nomor start #1 ini menjadi bukti kepada publik bahwa Ducati pabrikan nomor 1. “Keputusan telah dibuat, kedua Juara Dunia kita akan menggunakan pelat nomor 1 musim ini!” terang Ducati Corse dalam akun sosmednya. (**)

GM-helm VND Racing PARD