MotoGP Musim 2021 Boleh Ada Wildcard di Semua Kelas, Ini Regulasinya

Race MotoGP 2020 | Foto : MotoGP
GM-helm

BalapMotor.Net – Pada musim balap 2020, regulasi baru diterapkan yaitu dengan tidak adanya pembalap wildcard. Nah, pada 2021, regulasi tersebut tidak berlaku lagi.

Jadi pada musim 2021, diperbolehkan ada pembalap wildcard untuk semua kelas (MotoGP, Moto2 dan Moto3). Tapi jumlahnya dibatasi yaitu hanya ada 2 slot untuk tiap rondenya pada setiap kelas.

Regulasi ini sendiri telah dirilis oleh laman resmi MotoGP. “Untuk 2021, wild card akan diizinkan di semua kelas dengan maksimal dua pembalap per kelas di setiap acara,” begitu isi dalam rilisnya.

Tetapi, untuk kelas Moto2 dan Moto3 sendiri, hanya diperbolehkan untuk tim yang sudah ada. Regulasi ini sebelumnya hanya berlaku untuk kelas Moto2 saja, dan kini pada kelas Moto3 juga.

“Namun, seperti yang sebelumnya terjadi pada wildcard Moto2, entri wild card Moto3 hanya akan dipertimbangkan jika dioperasikan oleh tim Moto3 yang sudah ada,”

Jadi jika ada tim diluar daftar tim di Moto2 atau Moto3, maka mereka harus menggandeng tim yang sudah ada. Misalnya menggandeng Gresini, Aspar dan yang lainnya.

SSS Racing