Moto3: Sebabkan Tabrakan Beruntun, Deniz Oncu Diskor Dua Balapan

Deniz Oncu | Pic: MotoGP

 

BalapMotor.Net – Balapan kelas Moto3 yang berlangsung di Circuit of the Americas (COTA) Austin – Texas, Amerika Serikat kemarin (3/10) ditandai dengan beberapa kecelakaan. Bahkan, bendera merah harus dikibarkan sebanyak dua kali.

Bendera merah pertama dikibarkan pada lap kedelapan, demi mengamankan evakuasi Filip Salac yang menjadi korban pukulan high-side. Setelah balapan dilanjutkan, hanya beberapa lap terjadi lagi tabrakan mengerikan di garis lurus panjang sirkuit.

SSS Racing

Setelah diselidiki, penyebabnya adalah Deniz Oncu yang mengikuti jalur Jeremy Alcoba dan melakukan kontak dengannya. Pembalap Spanyol itu jatuh setelah roda depan pacuannya menyenggol roda belakang pacuan Oncu. Setelah terjatuh, motornya ditabrak oleh Andrea Migno dan Pedro Acosta.

Insiden Moto3 (GP Austin)

Kedua pembalap itu terbang ke udara, lalu jatuh kembali dengan keras. Ajaibnya, tidak ada yang terluka. Beberapa detik setelah kejadian, ketiga pesaing itu berdiri, padahal crash tersebut cukup fatal. Tapi actor insiden Deniz Oncu harus mendapat hukuman atas tindakan yang membahayakan tersebut.

Race Management memutuskan untuk menghukum tindakan pembalap asal Turki itu dengan berat. Dia akan didiskualifikasi dari dua Grand Prix berikutnya, yaitu Emilia-Romagna di Misano (24 Oktober) dan kemudian dari Algarve di Portimao (7 November).

Tim Red Bull KTM Tech3 tidak mengajukan banding atas keputusan tersebut. Dia akan kembali ke kompetisi di Valencia pada akhir pekan 14 November untuk final musim.

GM-helm PARD