Michelin Perbanyak Pilihan Ban Untuk MotoGP Silverstone, Ini Alasannya

Foto: Michelin
Yamaha

BalapMotor.Net – Pada gelaran MotoGP Silverstone akhir pekan ini (23-25/8). Michelin selaku penyedia ban di balap MotoGP, secara khusus menambah pilihan ban untuk menghadapi MotoGP Silverstone.

Setelah race dibatalkan pada musim lalu karena masalah drainase di sirkuit Silverstone yang buruk. Dan akhirnya pihak pengelola sirkuit melakukan perbaikan dan juga resurfacing untuk MotoGP 2019.

Mereka membawa empat front slick dan empat rear slick. Michelin menawarkan tambahan pilihan kompon ban  depan dan belakang yang lebih banyak dibandingkan dengan alokasi yang biasa mereka bawa.

Michelin akan membawa versi soft dan medium beserta dua versi baru dari kompon hard yang semua berlaku untuk ban depan dan belakang. Kompon ban depan medium dan hard akan simetris. Sementara untuk ban depan kompon soft akan menggunakan type asimetris, dengan sisi kanan ban yang lebih keras agar sesuai dengan karakteristik tikungan sirkuit Silverstone.

“Merupakan suatu hal yang mengecewakan bagi semua pihak atas terjadinya pembaltalan race pada tahun lalu di MotoGP Silverstone. Tetapi pengelola sirkuit telah melakukan pekerjaan dengan baik dan benar-benar siap.” Buka Piero Taramasso.

“Ban yang kami pilih didasarkan pada data yang dikirimkan kepada kami dari perusahaan yang melakukan resurfacing aspal Silverstone. Jadi kami memiliki beberapa informasi tentang jenis batu dan bahan lain apa yang telah digunakan untuk membuat permukaan aspal baru tersebut.” Lanjutnya

Inilah mengapa kami membawa empat pilihan ban untuk memberikan kesempatan bagi setiap rider untuk menemukan kompon terbaik untuk setup motor terbaik mereka. Kami yakin dengan alokasi kami dan menantikan untuk melihat bagaimana karakter dari permukaan aspal baru.” Tutup Piero Taramasso selaku Michelin Motorsport Two-Wheel Manager.

Sementara itu untuk alokasi ban basah akan menghadirkan pilihan ban depan soft simetris dan medium, plus ban asimetris soft dan medium untuk pilihan ban belakangnya.

Sebelumnya sudah datang sedikit informasi sekaligus peringatan bagi para pembalap MotoGP yang datang dari pembalap Formula 1 team Renault, Daniel Ricciardo. Ricciardo menyampaikan informasi terkait kondisi aspal Silverstone setelah dilapis ulang, karena banyak area trek yang permukaannya bergelombang. |Fajar

GM-helm SSS Racing