Menunggu Kebangkitan Pembalap Jepang Di MotoGP

Mendiang Daijiro Kato, salah satu pembalap Jepang yang sukses di MotoGP, di 2001 Kato ampu kuasai GP250

BalapMotor.Net – Ada pembahasan menarik seputar balap MotoGP saat ini. Ternyata tanpa disadari banyak orang, sudah sekitar 6 tahun pembalap jepang tidak merasakan podium 1 di gelaran MotoGP, baik kelas MotoGP, Moto2, ataupun Moto3.

SSS Racing

Terakhir kalinya adalah ketika Yuki Takahasi yang memenangkan balapan Moto2 di seri MotoGP Catalunya, Spanyol pada musim balap 2010.Yuki Takahasi sendiri saat ini membalap di Asia Road Racing Championship (ARRC) kelas superport 600cc. Sampai saat ini pembalap Jepang hanya bisa mengisi podium namun tidak juara, itupun hanya beberapa kali saja.

Tentu saja ini merupakan hal yang cukup aneh, kita semua tahu bahwa Jepang merupakan markas dari 3 pabrikan raksasa yang turun di MotoGP. Bahkan pembalap Jepang saat ini tidak ada yang turun di kelas utama MotoGP.Terakhir adalah nama Hirosi Aoyama yang menjadi pembalap Jepang yang membalap full seri di kelas utama MotoGP.

Ini cukup berbeda dengan di era akhir 90an sampai awal 2000an. Di era ini sering sekali ada nama pembalap Jepang yang mampu naik di podium utama. Sebut saja nama mendiang Daijiro Kato, Tohru Ukawa, Sinya Nakano, Masao Azuma, Tetsuya Harada dan Youichi Ui. Nama-nama ini sering sekali menjadi juara di ajang MotoGP.

Saat ini sendiri, pembalap Jepang yang turun di balapan MotoGP hanya ada nama Takaaki Nakagami yang di seri MotoGP Catalunya kemarin (5/6) mampu naik podium Moto2. Lalu di kelas Moto3 ada nama Hiroki Ono dan Tatsuki Suzuki.Oh iya, di kelas Moto3 sendiri, malahan pembalap Malaysia yang pernah mencicipi podium utama di tahun ini. Khairul Idham Pawi mampu juara di balapan kelas Moto3 GP Argentina.

Apakah kedepanya para pembalap Jepang ada lagi yang mampu meraih podium utama dan mampu menjadi negara yang disegani seperti dulu. Sepertinya hal tersebut bisa saja terjadi, lihat saja di balapan CEV Moto3 Junior World Championship beberapa pembalap Jepang sudah menunjukan talentanya.

Ayumu Sasaki isalnya, pembalap 15 tahun ini kini masuk di barisan depan di gelaran yang diikuti juga oleh Andi Gilang ini. Lalu ada nama Kaito Toba dan Kasuzi Masaki yang juga masih belia namum sudah menunjukan potensinya di balapan yang berlangsung Eropa ini.

Perlu diketahui Kazuki Masaki pada 2014 turun di balapan bebek loh. Saat itu Kazuki Masaki turun di kelas underbone 115cc Asia Road Racing Championship (ARRC). Lalu Kaito Toba juga pernah balap di kelas yang sama dengan Masaki pada tahun 2012. Pada saat itu Toba malah masih berusia 11 tahun.

Apakah mereka bisa membuat nama Jepang bangkit lagi di balap MotoGP, kita tunggu saja, kalau memang iya, ingat mereka pernah belara di balapan bebek loh. [ luvo ]

GM-helm