Lebarkan Sayap Ke Wilayah Timur Termasuk Indonesia, Gelaran MotoGP di Semenanjung Iberia Bakal Dikurangi

Lebarkan Sayap Ke Wilayah Timur Termasuk Indonesia, Gelaran MotoGP di Semenanjung Iberia Bakal Dikurangi
Yamaha

BalapMotor.Net – Rencana bertambahnya jumlah gelaran MotoGP pada beberapa tahun kedepan terus saja digaungkan oleh Dorna selaku promotor MotoGP. Pada tahun 2022 sampai 2026 sendiri, bakalan ada 22 balapan dalam satu musim.

Tentu saja dengan bertambahnya balapan ini akan membuat tim dan pabrikan peserta MotoGP harus menambah biayanya. Tetapi Carmelo Ezpelata mengatakan bahwa Dorna akan memberikan biaya tambahan atau subsidi.

Dengan penambahan gelaran MotoGP sendiri, ternyata Dorna mengincar wilayah baru yang cukup strategis. Dalam hal ini tentunya di wilayah yang fans balap MotoGP tinggi serta nilai untuk promosi bagi produsen dan tim cukup tinggi.

Wilayah yang dimaksud sendiri adalah lebih ke arah timur, dan salah satunya adalah Indonesia. “Kami mungkin akan pergi lebih ke Timur, karena kami harus menggelar di negara-negara yang sanat strategis, ini untuk produsen dan tim. Kita sudah tahu bahwa Indonesia seharusnya ada di kalender pada awal 2021,” terang Carmelo Ezpelata.

Tetapi, dengan bertambahnya gelaran dan melebarkan sayapnya di wilayah timur, ternyata MotoGP harus mengurangi gelaran di semenanjung Iberia. Saat ini sendiri untuk di wilayah semenanjung Iberia sendiri sudah ada tiga ronde yaitu di Jerez, Barcelona dan Valencia yang terletak di Spanyol. Adapula rencana masuknya sirkuit Portimao di Portugal.

Nah, nantinya untuk wilayah di semenanjung Iberia ini sendiri akan dibatasi tiga ronde tiap musimnya. Nantinya dari empat sirkuit tersebut akan dipakai tiga sirkuit saja tiap tahunnya tetapi bergantian. Tetapi untuk satu sirkuit yang tidak dipakai akan menjadi sirkuit pengganti atau cadangan. | Tim

SSS Racing