Jumlah Gelaran di MotoGP Bakal Dibatasi

Fight pembalap MotoGP | Foto : MotoGP
Yamaha

BalapMotor.Net – Jumlah putaran balap gelaran MotoGP sepertinya akan terus bertambah. Pada tahun 2019 ini sendiri ada sebanyak 19 putaran yang digelar, padahal dulu putaran MotoGP hanya berkisar pada 16 putaran saja.

Dengan akan masuknya MotoGP di Mandalika, Lombok pada 2021, lalu ada informasi mengenai sirkuit Kimny Ring di Irlandia, ditambah informasi juga bahwa Meksiko tertarik menggelar MotoGP tentunya akan menambah jumlah gelaran MotoGP kedepannya.

Nah, yang menjadi pertanyaan adalah ada berapa putaran kah planning gelaran MotoGP kedepannya. Mengenai hal ini, Carmelo Ezpelata selaku CEO Dorna yang merupakan penyelenggara MotoGP memberikan jawabannya.

bos-dorna-inginkan-adanya-format-baru-pada-tes-motogp-2018
Carmelo Ezpelata CEO Dorna | Foto : MotoGP

Ternyata kedepaanya jumlah maksimum gelaran MotoGP pertahun adalah 22 putaran. “Dalam waktu dekat, kami dapat meningkatkan jumlah Grand Prix hingga maksimum 22 per musim,” ujar Carmelo Ezpelata yang dikutip dari GP Inside.

Ada informasi lagi, selain jumlah maksimal putaran MotoGP permusim, ada juga pembatasan jumlah peserta. Informasinya adalah maksimal hanya 24 grid saja. Ini sama seperti jumlah grid pada gelaran Motoprix dan juga Oneprix di sirkuit kecil.

GM-helm SSS Racing