Hadapi MotoGP Musim 2020, Pabrikan Yamaha Bakal Jajal Senjata Baru

Valentino Rossi Mencoba Yamaha M1 Versi 2020. |Foto: GPOne
Yamaha

BalapMotor.Net – Menjelang perhelatan Motogp Musim 2020, pabrikan Yamaha bakal menjajal senjata baru. Senjata bernama Holeshot ini diyakini akan membuat start Yamaha YZR-M1 lebih mulus.

“Kami terus bekerja keras di pabrikan untuk membuat sebuah peranti baru agar start lebih bagus,” ungkap Maverick Vinales, pembalap Monster Yamaha MotoGP seperti yang dikutip dari crash.net.

Salah satu problem yang kerap hadir di Yamaha M1 adalah mudahnya ban belakang selip sehingga membuat start buruk. Peranti holeshot sejatinya telah diterapkan teknisi Ducati pada Desmosedici GP19, musim lalu.

Holeshoot Milik Ducati

“Motor kami sebenarnya sangat bagus saat di kualifikasi. Kami selalu berada di grid terdepan atau mendapatkan pole position. Tetapi saat lomba kami memiliki kesulitan di lap-lap awal. Jadi, kami harus meningkatkan kinerja saat start,” kata Vinales.

Penempatan piranti holeshot membuat tampilan motor lebih rendah dan semakin dekat dengan permukaan aspal. Hal tersebut terjadi karena suspensi menurunkan tekanan udara untuk membuat motor lebih dekat dengan aspal. Itu dapat menurunkan pusat gravitasi, tapi itu juga bergantung pada kondisi trek.

SSS Racing