Gagal Dapatkan Podium Karena Penalty 3 Detik, Fabio Quartararo Kecewa Dan Frustasi Terhadap Race Direction

Gagal Dapatkan Podium Karena Penalty 3 Detik, Fabio Quartararo Kecewa Dan Frustasi Terhadap Race Direction |Foto: MotoGP
GM-helm

BalapMotor.Net – Fabio Quartararo, merasa kecewa dan frustasi lantaran gagal menapaki podium 3 akibat dikenakan penalty 3 detik MotoGP Emilia Romagna 2020, Minggu (20/09).

Pembalap dari tim Petronas Yamaha SRT tersebut dikenakan sanksi oleh race direction berupa long lap penalti akibat melanggar aturan track limit. Ada aroma kesalahpahaman yang terjadi antara Fabio Quartararo dengan race direction MotoGP mengenai pemberian sanksi tersebut.

Mengingat sanksi yang awalnya berupa long lap penalty, berubah menjadi mundur 3 detik waktu finis. Hal itu dikarenakan Quartararo tidak melakukan long lap penalty hingga bendera finis dikibarkan di MotoGP Emilia Romagna 2020.

“Sepemahaman saya, untuk penalti ini saya seharusnya mendapat pesan peringatan dari mereka (race direction), seperti memberitahu di televisi kalau saya mendapatkan peringatan track limit,” ungkap Quartararo dilansir dari MotoGP.com.

Quartararo mengaku terkejut, karena pada saat itu dirinya tidak mendapatkan pesan dari race direction MotoGP mengenai sanksi penalti track limit. “Sepengetahuan saya, memang benar saya mendapatkan tiga track limit, tetapi 1 hingga 2 lap terakhir saya tidak mengetahuinya,” jelas Quartararo.

Gagal Dapatkan Podium Karena Penalty 3 Detik, Fabio Quartararo Kecewa Dan Frustasi Terhadap Race Direction |Foto: MotoGP

Akibat sanksi yang diterimanya, pembalap 21 tahun asal Prancis ini pun tampak sangat kesal. Bisa dilihat dari ekspresinya saat berkendara menuju paddock, dengan menggoyangkan jari seolah dirinya tidak berhak mendapatkan penalti tersebut.

Ungkapan kekesalan juga Quartararo tunjukkan ketika turun dari motornya, dengan langsung bergegas jalan menuju ke belakang paddock. “Ya, sangat kecewa dan frustasi mendapatkan penalti ini, berharap (lebih baik) untuk Barcelona,” tutur pembalap dengan nomor 20 ini.

Meskipun kecewa dan frustasi akibat sanksi track limit, namun ada hal lain yang membuat suasana hatinya senang. Selain itu Quartararo juga merasa senang, karena pada seri MotoGP Emilia Romagna 2020 ini bisa melakukan start yang bagus.

“Saya senang dengan balapan hari ini, pada akhirnya kami mendapatkan kecepatan yang bagus. Kami cukup meningkat (cara start) dan ini sangat penting, dan kami akan mencoba untuk meningkatkannya lagi di Barcelona (MotoGP Catalunya 2020),” pungkas Quartararo.

Adapun MotoGP Catalunya dijadwalkan akan berlangsung pada akhir pekan ini, tepatnya pada tanggal 25 hingga 27 September 2020 di Barcelona, Spanyol.

SSS Racing