Brno Dan KymiRing Terancam Dicoret Dari Kalender MotoGP Musim 2020, Bakal Digantikan Portimao?

Perhelatan MotoGP Brno. |Foto: MotoGP
Yamaha

BalapMotor.Net – Putaran MotoGP Republik Ceko di Brno dan putaran Finlandia di KymiRing belum menemui kesepakatan untuk musin 2020. Yang mengejutkan sirkuit Portimao di Portugal siap untuk menggantikan posisi Brno maupun KymiRing.

Kontrak MotoGP dengan pengelola sirkuit Brno saat ini akan berakhir pada tahun 2020. Dan putaran Republik Ceko tersebut tetap dimasukkan pada kalender tahun depan dengan mengikuti kontrak yang mungkin akan diperbaharui.

Selama ini beberapa pembalap MotoGP kesengsem dengan trek di Brno. Mereka meminta agar sirkuit tersebut tetap di kalender MotoGP tahun 2020. Namun kondisi finansial dari panitia penyelenggaraan Grand Prix Brno acap kali menjadi batu sandungan.

Sementara itu Seri Finlandia yang berlangsung di KymiRing baru saja mendapatsertifikat homologasi sirkuit FIM. Namun kontrak mengenai digelarnya MotoGP di sirkuit tersebut belum menemui kesepakatan dan sedang dalam proses menjelang musim 2020.

Test Sirkuit KymiRing yang dilakukan oleh Stefan Bradl beberapa waktu Lalu

Namun jika Brno atau KymiRing menghilang dari kalender MotoGP 2020, pihak Dorna Sport selaku penyelnggara MotoGP bisa dengan cepat mencari pengganti yang cocok. Isu’nya Portimao memegang perjanjian dengan Dorna sebagai sirkuit siaga dan siap menjadi tuan rumah MotoGP jika Brno atau KymiRing akan membatalkan kalender balapan.

Sirkuit yang terletak di Portugal baru-baru ini mengumumkan perpanjangan kontrak 3 tahun untuk menjadi tuan rumah WorldSBK hingga 2022. Sementara itu putaran MotoGP di Portugal terakhir kalinya dilangsungkan pada tahun 2012, ebih tepatnya di sirkuit Estoril.

Ya sungguh menarik memang, Portimao tidak pernah menjadi tuan rumah MotoGP namun hampir selalu hadir di kalender World Superbike sejak pembangunannya. Dengan munculnya Miguel Oliveira sebagai rookie MotoGP-nya tahun ini dengan Red Bull KTM Tech3. Membuat minat masyarakat semakin meningkat di Portimao untuk membawa olahraga itu kembali ke Portugal.

Presiden FIM Jorge Viegas juga mengisyaratkan Portimao memegang kesepakatan sirkuit pengganti sementara. Portimao memiliki pra-perjanjian untuk bergabung dengan kalender balapan MotoGP pada 2022.

GM-helm SSS Racing