Bisakah Joan Mir Tiru Barry Sheene? Jurdun Suzuki 2 Kali Berturut

BalapMotor.Net – Tak bisa dipungkiri, Joan Mir pada kompetisi MotoGP musim 2021 menjadi salah satu unggulan. Dia tampil mengejutkan pada tahun lalu dengan meraih gelar juara dunia.

Mir pun bertekad mempertahankan gelarnya tersebut. Sekaligus meniru Barry Sheene, pembalap Suzuki asal Inggris yang sukses menjadi juara dunia dua kali berturut.

Kemenangan indah Barry Sheene tersebut terjadi pada tahun 1976-1977. Kala itu kelas utama masih GP500cc. Setelah Sheene, deretan pembalap Suzuki sanggup juara dunia namun tidak berhasil mempertahankan gelarnya.

SSS Racing

Seperti Marco Lucchinelli pada tahun 1981, lanjut Franco Uncini pada tahun berikutnya, Kevin Schwantz jr pada 1993 dan Kenny Roberts di tahun 2000.

Setelah menunggu 20 tahun lamanya, Joan Mir akhirnya kembali membawa Suzuki merengkuh gelar juara dunia. Nah, bisakah Mir mengulang sukses kiprah Barry Sheene?

Dikutip dari corsedimoto, Suzuki bertekad melakukan segalanya untuk mengulang kembali kenangan manis itu. Joan Mir menyatakan dirinya sebagai “Pria yang harus dikalahkan, tapi bukan favorit”, meskipun memenangkan gelar jelas merupakan titik awal yang bagus.

Secara khusus, Joan Mir menginginkan lebih banyak podium, lebih banyak kemenangan untuk menunjukkan dengan lebih jelas bahwa dia bisa mengalahkan para rivalnya.

“Saya harus menunjukkan bahwa saya pantas mendapatkan nomor 1,” kata Mir, yang musim ini tetap mempertahankan nomor 36, seperti yang dilakukan Barry Sheene yang mempertahankan nomor 7-nya.

GM-helm PARD