Bertahan Dengan Motor Spek Lama, Sebuah Perjudian Untuk Morbidelli?

Foto: Crash

BalapMotor.Net – Franco Morbidelli menjadi satu-satunya pembalap Yamaha yang akan menggunakan mesin A-spec untuk musim ini. Franky pilih bertahan dengan mesin yang lebih tua dibandingkan menggunakan mesin Factory-Spec yang akan digunakan oleh Valentino Rossi, Quartararo dan Vinales.

Sepertinya Franky sangat yakin dengan motor yang ia gunakan tahun lalu. Dengan mesin A-Spec, terbukti dia menjadi runner-up MotoGP 2020 dan menjadi pembalap Yamaha paling moncer.

SSS Racing

Keputusan yang diambil Franky ini dinilai sangat aneh bagi beberapa pembalap. Seperti yang diungkapkan Miller. “Morbidelli menjadi orang yang harus dikalahkan berdasarkan performanya pada akhir musim lalu, tapi aneh bagi saya dia memilih spek motor yang lebih rendah,” ujar pembalap pabrikan Ducati tersebut.

Pun dengan mantan rekannya di Petronas, Fabio Quartararo. “Saya ingat tahun lalu dia meminta sebelum Aragon memiliki motor Pabrikan 2020, dan kemudian dia meminta lagi motor A-Spec yang sudah dia miliki untuk tahun ini, saya pikir itu sebuah perjudian memilih cara yang berbeda,” kata pembalap asal Prancis itu.

Direktur pelaksana Yamaha Racing, Lin Jarvis pun akhirnya memberikan penjelasan, meskipun tidak secara detail tentang alasannya. “Keputusan untuk spek motor Franky diambil pertengahan tahun lalu. Jadi bukan sesuatu yang bisa berubah pada Oktober atau November,” ujarnya.

“Tapi seperti yang Anda lihat tahun lalu, motor A-spec sangat mirip dan sangat bagus. Dan dengan mesin yang dibekukan, anda bisa membayangkan bahwa motor ini bisa sama-sama berkinerja tahun ini. Jadi menurut saya Franky tidak akan mendapat kerugian besar,” jelas Lin Jarvis dilansir dari Crash.Net.

GM-helm PARD