Berani Ambil Risiko Bikin Motor Eropa Lebih Dominan dari Jepang

BalapMotor.Net – Kejuaraan Dunia MotoGP saat ini mulai didominasi oleh pabrikan dari Eropa. Pada tahun 2022 saja, 15 kemenangan dalam 20 balapan dikuasai mereka.

Ducati memenangkan 12 kali, KTM 2 kali dan Aprilia berhasil mengamankan satu kali kemenangan yang bersejarah bagi mereka. Sementara itu Pabrikan Jepang hanya meraih 5 kemenangan.

LENKA MiniGP SSS Racing

Dengan Yamaha meraih tiga gelar dan Suzuki yang musim depan tidak ada lagi meraih dua gelar. Honda yang mendominasi di tahun-tahun sebelumnya musim lalu tanpa gelar. Lantas, apa sebab dominannya pabrikan Eropa?

Aprilia salah satu pabrikan Eropa yang meningkat dengan pesat | Foto : MotoGP

Filosofinya berbeda. Kita dapat mengatakan bahwa orang Jepang mengambil ‘risiko lebih sedikit’. Sebagai orang Eropa, kita mungkin lebih berani memperkenalkan hal-hal baru. Kami mengambil lebih banyak risiko dan terus mendorong proses pengembangan,” kata Romano Albesiano.

Orang Jepang sangat berhati-hati dalam pengembangan untuk menghindari masalah apa pun. Ini tentu saja positif di beberapa area dan umumnya sangat bagus untuk keandalan, tetapi memperlambat pengembangan.” jelas direktur teknik Aprilia itu kepada speedweek. (***)

GM-helm VND Racing PARD