Belajar Dari MotoGP Musim 2020, Yamaha YZR M1 2021 Bakal Gunakan Sasis YZR M1 Spec-A

Yamaha YZR M1 2021 |Foto: MotoGP

BalapMotor.Net – Performa Yamaha YZR M1 spec-A pada MotoGP musim 2020 terbilang diluar dugaan. Ya, meski spesifikasinya berbeda dari YZR M1 pabrikan, namun di tangan Franco Morbidelli YZR M1 spec-A finish di posisi ke 2 klasemen akhir MotoGP 2020.

Nyatanya ada perbedaan performa antara Franco Morbidelli dan pebalap pabrikan Yamaha pada akhir musim lalu. Sehingga memaksa Maverick Vinales dan Fabio Quartararo berharap mereka juga menggunakan motor A-Spec yang nyatanya lebih tua.

SSS Racing

Nampaknya pihak Yamaha telah mendengar pesan dari para pebalapnya dan, setelah menganalisis data dari motor spek pabrik dan A-Spec. Mereka akan mencoba dan memindahkan motor Pabrik baru ‘lebih dekat ke sasis Frankie’.

“Tahun lalu, kami memiliki tiga motor dengan Factory-Spec yang sama, ditambah [A-Spec] yang digunakan Frankie, dan di mana Frankie bersaing, Factory tidak, atau sebaliknya,” kata direktur tim Massimo Meregalli yang dikutip dari crash.net

Yamaha benar-benar berusaha keras untuk mencoba menemukan keseimbangan yang lebih baik antara kedua motor ini. “Terutama sasisnya, saya kira Yamaha benar-benar dapat melihat apa yang berhasil tahun lalu dan apa yang tidak dengan membandingkan dua spesifikasi motor.”

“Jadi yang pasti, arah yang diambil Yamaha untuk motor Yamaha YZR M1 Pabrikan tahun ini adalah mendekati sasis milik Frankie dibandingkan dengan yang kami miliki di tim Pabrik tahun lalu.” Ujarnya Meregalli lebih lanjut.

GM-helm PARD