Beberapa Pembalap MotoGP Gunakan Tuas Rem Belakang Tak Lazim, Nih Ulasannya!!

GM-helm

BalapMotor.Net – Balap MotoGP merupakan balapan motor dengan kasta tertinggi di dunia. Para peserta di gelaran ini tentunya semua merupakan yang terbaik dari seluruh dunia.

Tidak heran kalau kuda besi tunggangan mereka yang merupakan produk prototype juga dibuat sesuai dengan karakteristik para ridernya. Ini tentunya dilakukan untuk mencapai hasil terbaik.

Kali ini, kita bakal membahas mengenai tuas rem belakang pacuan MotoGP dimana ternyata ada beberapa pembalap yang dibuatkan tuas dengan desain spesial. Tujuannya pastinya untuk memaksimalkan si rider menjinakan kuda pacu dan berlari secepat mungkin di trek.

Tuas rem tunggangan Rossi | Foto : MotoGP
Valentino Rossi

Pertama kita membahas mengenai tuas rem belakang motor tunggangan Valentino Rossi. Legenda hidup MotoGP ini menggunakan metode tradisional dengan menambahkan karet gelang yang diikat di tuas dan sekitar master rem.

Ini tujuannya agar tuas rem lebih cepat kembali pada posisi semula. Trik yang sudah lama digunakan oleh Rossi ini sendiri juga banyak ditiru oleh pembalap road race di Indonesia dan masih banyak yang menggunakan trik ini sampai sekarang.

Tuas rem pacuan APrilia 2019 | Foto : MotoGP
Aprilia MotoGP 2019

Kedua adalah tuas rem kuda besi tim Aprilia musim 2019. Terlihat pada master rem terdapat per yang dapat disesuaikan tekanannya. Ini hampir mirip dengan prinsip kerja suspensi dimana bisa diatur keras-lembutnya per.

Pastinya si pembalap dapat menyesuaikan kekerasannya dengan lebih mudah. Tinggal memutar baut agar bisa lebih keras atau lembut.

Tuas rem belakang pacuan Nakagami | Foto : MotoGP
Takaaki Nakagami

Ketiga adalah desain tuas rem belakang spesial untuk rider Jepang satu-satunya di MotoGP saat ini, Takaaki Nakagami. Pada tuas rem belakang kuda pacu Honda tunggangan Nakagami ada tambahan persegi panjang pada tuas rem tersebut.

Tujuannya sendiri, ini akan mempermudah pengereman saat si pembalap sedang merebahkan pacuannya di tikungan. Jika hanya mengandalkan tuas utama, mungkin saat meninkung Nakagami akan kesulitan, maka dibuatlah tambahan seperti itu.

Tuas rem belakang tunggangan Alex Rins
Alex Rins

Keempat adalah tuas rem belakang spesial untuk Alex Rins di Ecstar Suzuki. Hampir sama seperti Nakagami, tetapi untuk Alex Rins menambahkan satu tuas lagi, tujuannya sendiri mungkin sama dengan Nakagami, atau Alex Rins mempunyai tujuan lain juga.

Mungkin itu saja hal yang berbeda dari tuas rem belakang tunggangan rider MotoGP saat ini. Pada lain kesempatan kita juga akan membahas hal seperti ini pada balapan nasional, kayaknya menarik juga. | Luvo

SSS Racing