Baru Pertama Kali Jalani Proyek MotoGP, Petronas Berharap Bisa Sukses Seperti di F1

baru-pertama-kali-jalani-proyek-motogp-petronas-berharap-bisa-sukses-seperti-di-f1
Petronas berharap bisa sukses seperti di F1 | Foto: autosport
Yamaha Bpro Racing

BalapMotor.Net – Setelah menjadi sponsor tim satelit Yamaha, Petronas katakan bahwa ini merupakan kesempatan yang cukup langka. Petronas memiliki harapan untuk bisa sukses di MotoGP, seperti apa yang dilakukannya pada kejuaraan F1.

Berkolaborasi dengan Mercedes, Petronas telah ikut membantu meraih lima gelar juara pembalap dalam lima musim terakhir, tentu ini merupakan buah kesuksesan Petronasi selama berkiprah di dunia balap F1. Dan hal tersebut yang dijadikan patokan demi meraih kesuksesan di dunia balap roda dua.

Keputusan Tech 3 yang hengkang dari Yamaha menuju KTM, sekaligus mengakhiri kerja sama yang sudah dibangun selama 20 tahun, membuka jalan bagi SIC Racing (tim balap milik Sepang International Circuit) untuk mengisi pos tim satelit yang kosong berserta dukungan dari Petronas.

Berbeda dengan tim satelit Yamaha sebelumnya, jika biasanya tim satelit menggunakan motor dengan spek yang lebih tua satu tahun, maka Petronas SRT dibekali motor spesifikasi pabrikan, itu artinya Franco Morbidelli dan Fabio Quartararo menggunakan motor yang sama dengan Valentino Rossi dan Maverick Vinales. Hal ini disebabkan, Petronas SRT punya hubungan yang dekat dengan Yamaha.

baru-pertama-kali-jalani-proyek-motogp-petronas-berharap-bisa-sukses-seperti-di-f1
Franco Morbidelli dibekali motor dengan spek yang sama seperti pembalap Yamaha pabrikan | Foto: autosport

Tentu proyek seperti inilah yang diharapkan oleh Petronas. Turun di ajang MotoGP untuk pertama kalinya adalah ujian besar, tetapi ini akan menjadi motivasi bagi sang perusahaan minyak dan gas untuk memulai petualangan barunya.

“Balap motor adalah salah satu disiplin yang paling populer di kalangan anak muda di Malaysia. Kami telah memasok pelumas dan minyak untuk tim Mercedes F1, dan hasilnya bagus. Sekarang kami ingin meraih kesuksesan itu di MotoGP,” kata Noor Afiza Mohd Yusof, Petronas Senior General Manager of Group Strategic Communication, kepada Autosport.

“Kami harus kembali, karena tidak semua hal yang telah memberi kami kesuksesan di F1 dapat diterapkan pada MotoGP nantinya. Apa yang ingin kami lakukan adalah untuk dapat mengembangkan produk kami di bangku tes sesuai dengan tuntutan kejuaraan ini. Kami bukan hanya sponsor untuk Yamaha, tapi kami juga bagian dari tim dan kami akan hadir di setiap Grand Prix,” tambahnya. [DK]

SSS Racing GM-helm