2 kali Kunci Gelar Juara Dunia MotoGP di Motegi, Ini Cerita Marquez

Marc Marquez | foto: motorsport

BalapMotor.Net – Marc Marquez tiba di Jepang dengan segudang cerita, apalagi di musim 2014 sirkuit ini jadi penentu buat The Baby Alien mengukuhkan gelar MotoGP keduanya.

Namun, dari semua itu masih ada kekurangan dari Marquez, dimana pembalap Spanyol ini belum berhasil keluar sebagai jadi juaranya tiap kali balapan di Motegi sejak naik ke kelas utama. Tetapi, selalu ada catatan menarik disini.

Pada musim 2013 : GP Motegi berlangsung di seri ke-17 kalender MotoGP musim itu. Di musim pertamanya, Marquez berhasil tampil luar biasa, dengan mampu mendapatkan enam kali menang, dan delapan kali naik podium. Datang ke Motegi dengan percaya diri demi gelar juara, namun Marquez hanya bisa keluar sebagai runner up kalah saing dengan Lorenzo yang berhasil keluar jadi juaranya. Meski begitu, Marquez yang mendapatkan gelar juara dunianya.

Marquez alami kecelakaan hebat di FP3 Motegi | foto: motogp
Marquez alami kecelakaan hebat di FP3 Motegi | foto: motogp
SSS Racing

Pada musim 2014: Pada musim kedua di MotoGP Marquez mampu mendominasi dari awal hingga akhir di Motegi. Pembalap Honda mengambil kemenangan di sepuluh balapan pertama musim 2014. Namun, lagi-lagi disini menjadi penentu bagi Marquez untuk menjadi juara dunia, walau tak berhasil keluar jadi pemenang balapan di Motegi, nyatanya Marquez mampu keluar jadi jawaranya. Dan berhasil mendapatkan gelar yang kedua secara berturut-turut.

Marc Marquez saat jadi juara dunia di Motegi | foto: motogp
Marc Marquez saat jadi juara dunia di Motegi | foto: motogp

Pada musim 2015: Tahun ketiga di MotoGP merupakan bagian yang sulit, setelah alami banyak insiden dan kehilangan banyak momentum. Marquez tiba di Jepang tanpa harapan, setelah tak mampu bersaing untuk mendapatkan gelar juara, di musim itu juga Marquez hanya mampu finish di urutan keempat saat balapan di Motegi.

Pada musim 2016: Musim ini Marquez tiba di Jepang sebagai pemuncak klasemen, dengan selisih 52 poin dari sang rival terdekatnya Valentino Rossi. Ini mirip dengan musim 2014 lalu, dimana Marquez mampu merebut gelar juara di Jepang, balapan yang berlangsung pertengahan Oktober mendatang juga demikian. Menang di Motegi bisa jadi pengukuhan juara buat Marquez (tergantung dari hasil Rossi dan Lorenzo).

Semua masih mungkin terjadi, namun peluang untuk bisa menjuarai MotoGP di musim ini memang masih dipegang untuk Marc Marquez. (Deni)

GM-helm PARD