Terlalu Sering Mematikan Mesin Motor Matic Dengan Standar Samping Ternyata Tak Disarankan

Standar samping motor Matic Honda terbaru semuanya menggunakan sensor Side Stand Switch

BalapMotor.Net – Mematikan mesin sepeda motor matic dengan menurunkan standar samping tentunya sangat sering dilakukan, baik secara sengaja maupun tidak sengaja. Ternyata hal tersebut tidak disarankan lho gaes.

Jadi sebaiknya tetap mematikan mesin sepeda motor matic dengan menggunakan kunci kontak dahulu sebelum menurunkan standar samping.

LENKA MiniGP SSS Racing

Perlu diketahui juga bahwa hampir semua motor matic saat ini sudah menggunakan sensor side stand switch yang merupakan fitur keselamatan dimana agar para pengendara tidak lupa menaikan standar samping saat mengendarai motornya.

Muhammad Ali Iqbal selaku Community Development & Safety Riding Supervisor Astra Motor Yogyakarta membeberkan apa akibat dari seringnya kita mematikan mesin motor matic dengan menurunkan standar samping.

“Apabila mematikan mesin motor matic menggunakan standar samping dengan cara diturunkan dan dilakukan terus menerus, akan mengakibatkan sensos side stand switch tersebut akan cepat rusak atau respon sensir tersebut lama kelamaan akan berkurang,” terang Muhammad Ali Iqbal.

“Hal tersebut dapat mengakibatkan hilangnya salah satu fitur pengaman di sepeda motor matic Honda,” tambah Muhammad Ali Iqbal.

Selain itu, jika kita mematikan mesin motor matic dan terlalu lama kunci kontak dalam keadaan on, maka ada akibat lainnya yaitu aki bakal cepat tekor. Ini karena seluruh kelistrikan masih on, apalagi saat ini semua motor baru sudah menggunakan automatic headlight on (AHO), jadi lampu bakal on terus kalau kunci masih on.

GM-helm VND Racing PARD