Rantai Motor yang Sudah Kendur, Apakah Boleh Dipotong?

BalapMotor.Net – Sebagai pengguna sepeda motor, kita sering menghadapi keluhan tentang rantai. Apa lagi bila masa pakainya sudah terlalu lama. Salah satunya rantai mulai mengendur.

Biasanya keluhan tersebut cukup bisa diatasi dengan mengencangkan baut di bagian road belakang. Jika tidak bisa, pilihan lain yang dilakukan yaitu mengganti gir set motor dengan yang baru.

LENKA MiniGP SSS Racing

Namun, ada juga pilihan yang kerap dijadikan alternatif termudah yakni memotong beberapa ruas rantai yang kendur. Tapi, amankah hal tersebut untuk jangka panjang?

Nah, SSS memberikan penjelasan tentang potong rantai tersebut. Menurutnya, hal tersebut untuk berkendara dalam waktu jangka panjang kurang aman karena kualitas rantai menjadi kurang baik.

Mereka tidak menyarankan memotong rantai, karena tidak tahu seberapa rusak bushing atau pin rantai tersebut. Rantai yang telah dipotong sangat riskan putus mendadak.

Disarankan sebaiknya cepat diganti. Meski riskan, sejatinya masih ada alternatif terakhir yang bisa dilakukan yaitu menyetel ulang rantai motor agar dijalanan tidak lepas karena kalau kendur jadi mudah copot.

GM-helm VND Racing PARD