Astra Motor Yogyakarta Gelar Pelatihan Safety Riding Bagi Komunitas Motor Sport, Demi Tingkatkan Skill Berkendara

Instruktur Safety Riding Astra Motor Yogyakarta Triyanto mendemonstrasikan cara melakukan cornering dalam materi praktek slalom course | foto: dok.

BalapMotor.Net – Astra Motor Yogyakarta selaku Main Dealer Honda wilayah DIY, Kedu, dan Banyumas, kembali tegask komitmennya dalam sebarkan semangat perilaku aman berkendara di di jalan raya. Bersama dengan Komunitas Honda Big Bike Yogyakarta & Friends, Astra Motor Yogyakarta menggelar pelatihan safety riding khusus bagi anggota komunitas motor sport di Astra Motor Safety Riding Center Yogyakarta (4/2).

Pelatihan di ikuti oleh 25 pengendara motor sport, dilandasi atas kesadaran keselamatan berlalulintas yang merupakan tanggung jawab setiap individu di jalan. Tak terkecuali dengan anggota komunitas yang punya mobilitas tinggi, baik sebagai sarana transportasi atau hobi. Ancaman keselamatan berkendara tentu bisa datang darimana saja, tak terkecuali diri sendiri.

“Peserta pelatihan kali ini merupakan anggota komunitas yang sering melakukan touring ke berbagai daerah. Namun demikian, ternyata masih banyak peserta yang belum pernah mendapatkan pelatihan safety riding sebelumnya. Melalui pelatihan ini diharapkan setiap peserta bisa memiliki skill, wawasan, dan kesadaran mengenai perilaku aman saat berkendara. Sehingga ke depan masing-masing peserta dapat berkontribusi dalam menekan angka kecelakaan di jalan raya.” ungkap Safety Riding Supervisor Astra Motor Yogyakarta Muhammad Ali Iqbal.

SSS Racing

Dalam pelatihan ini materi dibagi menjadi dua yaitu teori dan praktik. Pada sesi teori peserta diajak untuk mengenal persiapan, sikap, perilaku, resiko di jalan raya, hingga teori ketrampilan berkendara. Sedangkan untuk sesi praktik dibagi menjadi tiga materi yang meliputi braking, narrow plank, dan slalom course.

Setiap peserta diajak untuk mengenal cara aman mendirikan Big Bike | foto: dok.

Melalui materi braking peserta diajak kuasai cara penggunaan rem, dan teknik pengereman yang baik, yang bisa menghasilkan jarak pengereman pendek dan pengendalian stabil. Narrow plank, disini peserta mendapatkan pelatihan keseimbangan, dan slalom course dimana peserta akan diajak untuk mengasah keterampilan saat menghadapi tikungan, peserta juga diberikan materi mengenai teknik mendirikan Big Bike yang roboh.

Honda Big Bike Yogyakarta & Friends

Honda Big Bike Yogyakarta & Friends merupakan komunitas yang menghimpun pecinta motor sport, pengendara Honda Big Bike ataupun motor sport kapasitas mesin 250cc ke atas. Komunitas yang berasal dari Yogyakarta ini merupakan wadah untuk bertukar informasi, berbagi kebersamaan, dan touring ke berbagai tempat untuk tingkatkan ke kompakan.”

Dalam komunitas ini kami tak mengenal sistem senioritas. Komunitas ini berkembang atas dasar hobi dan minat terhadap motorspor. Agenda rutin kami mulai dari Sunday Morning Ride (Sunmori), city rolling, touring, pelatihan safety riding, ataupun Kopdar. Bagi pecinta motor sport yang ingin gabung, silahkan ke Honda Big Wing Astra Motor Center Yogyakarta di Jalan Magelang Km 7,2 Sendangadi, Mlati, Sleman atau hubungi nomor Kami di 08985315088,” kata Big Bike Manager Astra Motor Yogyakarta Aditya Nugraha. (Rls)

GM-helm PARD