V-Belt SSS Ada Dua Jenis Bahan Yaitu EPDM dan Aramid, Apa Bedanya?

BalapMotor.Net – Sama seperti rantai, pada motor matic, van belt atau yang lebih dikenal dengan sebutan V-Belt perannya sangat penting. Pastinya, pemilihan V-Belt yang tepat membuat kita lebih nyaman dalam berkendara.

SSS yang merupakan brand rantai dan gir terkemuka juga mempunyai produk V-Belt yang sudah banyak dibuktikan ketangguhannya. Namun, kita juga harus tau perbedaan dari V-Belt SSS yang memiliki dua jenis bahan yaitu EPDM dan Aramid.

LENKA MiniGP SSS Racing

V-Belt SSS dengan bahan EPDM sendiri ternyata lebih ditujukan untuk penggunaan harian, sementara itu untuk bahan Aramid ditujukan untuk penggunaan yang lebih berat khususnya untuk balap. Meski demikian, bahan Aramid juga tentunya bisa digunakan untuk harian.

“Kalau EPDM itu ditujukan untuk penggunaan harian mas, kalau yang buat balap itu yang jenia Aramid. Kalau tipe yang buat balap bisa banget kok buat harian,” ungkap Marcel dari SSS Racing Indonesia kepada penulis.

Marcel juga menerangkan mengenai dua jenis V-Belt SSS tersebut. “Kalau yang V-belt biasa itu CR bahannya, kelebihannya di endurance, karena EPDM itu 2 kali lebih tahan terhadap panas dan gesekan,” terang Marcel sambil menjelaskan mekanisme gerakan pulley di CVT yang menggesek dan menjepit belt dan membuat V-belt harus mempunyai bahan yang kuat.

“Sedangkan yang Aramid itu digunakannya campuran kevlar dan aramid pada benang dan jacket belt. Bagian dalam belt itu ada bahan fabric yang kita namakan jacket, yang tujuannya me-reinforce belt agar lebih kuat dan berkualitas tinggi,” tambahnya.

Marcel dari SSS Racing Indonesia saat di Final MP Surabaya 2019

“Bahan karet yang digunakan sendiri tetap EPDM, namun dengan perpaduan dengan kevlar menjadikan V-Belt SSS berbahan Aramid ini cocok digunakan untuk performance, karena higher endurance atau durability dan longer lifetime,” ujar Marcel lagi.

Berbeda Harganya

V-Belt SSS dengan dua bahan tersebut juga memiliki harga yang berbeda tentunya, dan pastinya untuk berbahan Aramid lebih tinggi. Untuk bahan EPDM dipasaran paling tinggi sekitar 180 ribuan dan Aramid harga eceran sekitar 250 ribuan.

Tambahan informasi juga nih bahwa V-Belt SSS sendiri sudah tersedia untuk hampir semua motor Matic pabrikan Jepang di Indonesia ditambah lagi kini juga tersedia untuk beberapa jenis Vespa Matic. Untuk lebih lengkapnya bisa follow Instagram @SSS.Racing sedang yang mau langsung belanja bisa ke Tokopedia resminya SSS Racing dengan link https://www.tokopedia.com/sssracing

GM-helm VND Racing PARD