Ternyata Segini Biaya Bikin Motor Balap di Racetech Performance Jakarta

Koh Leon Chandra (Racetech performance)

BalapMotor.Net – Pada saat ini, engine builder Racetech Performance Jakarta merupakan salah satu engine builder yang cukup laris manis dipercaya oleh banyak tim balap nasional.Tidak hanya Oneprix, dalam ajang Motoprix juga banyak tim yang mempercayakan motornya digarap oleh Racetech.

Lalu berapa sih harga atau biaya membuat motor di Racetech Performance. Nah, kali ini Leon Chandra selaku punggawa dari Racetech Performance Jakarta kasih bocorannya. Ternyata bikin motor spek Oneprix di Racetech harga 1 unit motornya sampai 150 juta gaes.

LENKA MiniGP SSS Racing

“Jadi untuk bikin motor sendiri kurang lebih 150 juta, dengan kondisi motornya baru faktur, jadi nggak on the road. Kalau pengerjaannya kurang lebih kalau spare partnya tidak terlalu susah atau nggak langka, paling tiga minggu sampai satu bulan,” terang Leon Chandra saat berbicara kepada rekan kami dari YT Road Race Mania Kebumen.

Leon Chandra saat set up pacuan MX King pasukan K62 Racing Sport Ternate di Sentul

Untuk spek Expert (MP1) dan Novice (MP2) sendiri, ternyata sama harganya gaes. “Untuk MP1 dan MP2 kurang lebih sama, yang berbeda di MP3 atau yang dikenal dengan MP5 kurang lebih 110-120an, tergantung dari barang-barang yang digunakan,” tambah mekanik yang pernah mengenyam pendidikan di Australia ini.

Spek Oneprix Tertinggi

Leon Chandra juga menjelaskan kalau motor tim K62 Racing Sport Ternate yang baru launching akhir pekan lalu merupakan spek tertinggi. “Kalau motor ini sebenarnya spek motor Oneprix, itu harga yang paling tinggi, yang top of the range motor yang dipersiapkan untuk balap di daerah maupun Oneprix,” ujar Leon Chandra.

Ternyata juga nih, perangkat elektronik sendiri menjadi budget yang cukup tinggi dalam pembuatan motor balap. “Sebenarnya part yang paling mahal sendiri adalah elektroniknya, jadi elektroniknya ini dia ada ECU, perangkat Lamda sensor, GPS sensor, terus banyak lah, untuk elektroniknya saja hampir 40 juta,” urainya.

Kalau mau pesan mesinnya saja, Leon Chandra juga memberikan bocoran harganya gaes. “Kalau misalnya mesin sendiri, kalau kita jual mesinnya saja kurang lebih 50-55 tergantung kelasnya,” ujarnya.

GM-helm VND Racing PARD