Street Race Polda Metro Jaya Kembali Digelar di Kemayoran 27-29 Januari 2023, Bukan Hanya Sekedar Balapan!

BalapMotor.Net – Bertempat di Jalan H. Benyamin Sueb, Kemayoran, Jakarta Pusat, Polda Metro Jaya (PMJ), dengan dukungan Ikatan Motor Indonesia (IMI), PPK Kemayoran, melaksanakan Peringatan Satu Tahun Street Race Polda Metro Jaya, selama tiga hari mulai dari 27 hingga 29 Januari 2023, setelah lima kali berturut-turut dilaksanakan sepanjang tahun 2022, dengan melibatkan seluruh ekosistem balapan di Wilayah Hukum Polda Metro Jaya.  

 “Pada tahun 2023 ini, ikhtiar Polda Metro Jaya beserta stakeholders terkait adalah berupaya memfasilitasi street race dengan mencari fasilitas permanen ajang drag race di Jakarta. Sebagaimana FGD yang telah diinisiasi oleh PMJ bersama seluruh komunitas dan ekosistem balapan sebelum meluncurkan Street Race kali pertama di Indonesia ini, yang dibutuhkan oleh para pecinta balapan ialah fasilitas pendukung yang dapat terus digunakan secara rutin, bukan hanya kegiatan yang bersifat temporal. Harapannya, seluruh pendukung ekosistem yang terdiri dari pembalap, mekanik, kru atau tim hingga UMKM, dapat tumbuh dan berkembang secara mandiri,” ujar Fadil Imran, Kapolda Metro Jaya.

LENKA MiniGP SSS Racing

 Keleluasaan ekosistem balapan untuk beraktivitas secara berkelanjutan ini, diharapkan akan mendorong tumbuhnya industri otomotif, ekonomi kreatif serta mampu melahirkan talenta-talenta balapan yang siap mengaspal di level nasional hingga internasional.

 Pada peringatan satu tahun ini, akan dihadirkan gelaran utama berupa Drag Bike 500-meter yang menggunakan perangkat sensor start dan finish. Sebagaimana ciri pelaksanaan Street Race yang selalu inklusif, melibatkan berbagai pihak, maka kegiatan akan menampilkan aktivitas lifestyle bagi bikers seperti kontes modifikasi, freestyle show, festival music, bazaar otomotif serta UMKM di sektor otomotif hingga makanan.

 Kali ini, kelas yang akan dihadirkan di Street Race antara lain adalah Mio, Bebek 4 Tak, Matic, e-bike, Ninja 2 Tak, RX King, Moge, Sunmori / SMR. Sementara untuk kontes modifikasi akan ada beberapa kategori lomba mulai dari Fashion Standard, Racing Look, Drag Style, Airbrush dan Restorasi Original, dengan biaya pendaftaran sebesar Rp 100.000 per kelas, untuk memperebutkan hadiah piagam dan uang tunai jutaan Rupiah.  Info pendaftaran dan aturan main Street Race ini, dapat diakses di aplikasi Rekor, yang dapat diunduh secara gratis di Playstore dan Appstore.(rls)

Adapun jenis kelas-kelas balapan di Peringatan Satu Tahun Street Race Kapolda Metro Jaya adalah:

Kelas Mio
Mio 58/59 Free
Mio Selembaran Bebas
Mio Selembaran Stang Standar

Bebek 4 Tak
Sleep Engine Seher s/d 59
Sleep Engine 4 Tak Selembaran
Bebek 4 Tak Mesin Berdiri Selembaran
Bebek 4 Tak Mesin Berdiri Klep Standar

e-Bike
Motor Listrik FFA

Matic
Matic Injeksi s/d Piston 66mm (Vespa, Vario, Lexi, Beat, Aerox, Nmax, Spacy dll)

Ninja 2 Tak
Ninja Standar Porting
Ninja Standar Bebas

RX King
RX King Standar Porting
RX King Standar Bebas

Moge
Supersport & Harley s/d 900cc Karbu & Injeksi
Supersport & Harley s/d 900cc Up Karbu & Injeksi

Sunmori/SMR
Ninja SMR
Aerox, NMax, Vespa, Vario, 58 s/d 60mm SMR
Aerox, Nmax, Lexi, Vario, Vespa 61 s/d 65mm SMR
Aerox, Nmax, Vario,Lexi,Vespa 66 s/d 70mm SMR
Nouvo s/d 59mm SMR
Nouvo FFA SMR
Sport 4Tak s/d 250 (Yamaha, Honda, Kawasaki, Suzuki) SMR
RX King SMR
Bebek 2Tak Non Build Up SMR
Bebek 4Tak Mesin Berdiri Sunmori (Pro Street) SMR
Herex s/d 300cc 4Tak (Honda Only) Full Bebas SMR
Aerox, Nmax, Vespa 155cc SMR
Matic 63 Free (All Matic) SMR
Vespa Matic Piston s/d 66mm SMR
Ninja 85Kg Up, Non Build Up SMR

GM-helm VND Racing PARD