Modif Jupie 130 Racing Hell, Motor Drag Bike Jadi Road Race!

Transformasi Jupiter Z Dragbike jadi Roadrace
GM-helm

BalapMotor.Net – Yang dimaksud dalam judul di atas adalah mesin Yamaha Jupiter Z milik Bayu Widhi Asmoro atau tenar dengan nama Bayu Ucil. Joki balap karapan asal Purwodadi ini melakukan tranformasi pada mesin yang dimilikinya.

Awalnya mesin tersebut dirakit untuk balap lurus (dragbike). Tapi entah mengapa ia justru merubahnya menjadi mesin Road Race spek MP2. “Karena kita sudah punya mesin drag yang baru untuk Jupie 130, jadi mesin yang lama dari pada gak kepakai dijadiin motor road race saja,” buka juragan apparel Racing Hell.

Bayu Ucil dan Duo pembalap andalannya

Memang saat ini Bayu Ucil terpantau serius menyiapkan tim divisi road race. Beberapa pacuan sudah dimiliknya, seperti MX-King, F1Zr, Satria hingga Jupiter Z yang tidak hanya 1 unit saja.

“Kemarin pas mau balap di Mijen kita belum punya spek MP2, jadi kita rakit dadakan pakai mesin dragbike ini. Alhamdulillah settingan langsung ketemu dan bisa podium 2 dibawa Aldiaz Aqsal,” lanjutnya.

Aldiaz Aqsal pacu 5TP Racing Hell

Sang tunner sendiri dipasrahkan langsung pada Ari V-Reinz. Katanya sih gak ada perubahan berarti soal settingan. “Cuma kompresi kita turunin dan potong piston. Untuk spek awal sendiri mesin sudah kuat, kita tinggal atur dan imbangi saja agar power bawah bisa smooth tapi atasnya jalan,” papar mekanik.

Pengaturan ulang sendiri menjadikan diameter piston 55,25. Ketika diburet, rasio kompresinya terukur jadi 12,8:1. Diameter klep 29/24, sedangkan komponen bagian pengabut bahan bakar alias karburator pakai merek PWK28 Sudco. Untuk spuyer kombinasi dari pilot jet 58 dan main jet 112.

“Soal piranti pengapian menggunakan Rextor Prodrag, ini lebih mudah untuk disetting dan lebih simple. Gas buang akhir kita andalkan knalpot RJM yang mampu meladeni semburan power dari putaran bawah ke atas lebih cepat,” tutup mekanik yang memakai gear set 14-40 mata untuk settingan sirkuit Mijen.

Data Jupiter Z MP2 Racing Hell:
  • Piston/diameter (55,25)
  • Kompresi (12.8:1)
  • Karbu (PWK28 Sudco)
  • Spuyer (pj.58 / mj112)
  • Diameter Klep (29-24)
  • Pengapian (Rextor Prodrag)
  • Knapot (RJM Progressive Muffler)
  • Final Gear (14-40)
  • Ban (IRC Fasti 2)
SSS Racing