Merasakan Langsung Varian Husqvarna 2015, Semuanya Mantap

GM-helm

BalapMotor.Net – Kesempatan menjadi orang Indonesia yang pertama menjajal kuda besi Husqvarna unit 2015 tentu saja tidak disia-siakan oleh BalapMotor.Net ( BM ) . Bersama awak media lain yaitu dari Gila Motor, Otomotif Group, Kroser Magazine dan Indonesian Dirt Bike BM langsung saja ngegas tuh motor yang sudah disediakan oleh PT. Bali Dirt Bike Indonesia ( Husqvarna Indonesia ).

Secara keseluruhan motor unit 2015 memang tampilanya sudah bikin ngiler, apalagi buat para penggemar trail adventure. Ada 6 type yang di siapakan untuk di uji coba yaitu TE125, TE250, FE250, FE350, FE 450 dan FE501. Dari ke 6 unit motor ini merupakan motor yang di tets media merupakan type Enduro jadi tesnyadilakukan di jalur Adventure. Berlokasi di daerah Kintamani, Bali jalur yang ditempuh ada berbagai type, mulai dari jalur hutan pinus yang banyak tanjakan lalu jalur bebatuan menuju arah Black Lava, Kintamani dan di Black Lava yang merupakan daerah kawah mati yang konturnya pasir yang cukup dalam, jadi untuk test mantep abis. Yuk langsung saja kita buka satu persatu.

Husqvarna TE 125 ( 2 Tak Enduro ) :

HUsqvarna TE 125

Secara keseluruhan motor ini merupakan motor dengan cc terkecil yang dites kemarin, bodinyapun paling kecil, jadi untuk diajak bermanufer di jalur ekstrim, nih motor paling enak kalau menurut BM. Dengan karakter 2 tak yang tenaganya meledak di putaran atas saat diajak naik gunung, motor ini memang cukup ringan dan mudah untuk dibawanya.

Husqvarna TE 250 ( 2 Tak Enduro ) :

TE250 Saat Digeber Awak BalapMotor.Net Tenaganya Dashyat

Bisa dibayangkan kan oleh Balap Mania gimana tenaga mesinya, 250cc 2 tak tenaganya sunguh luar biasa,apalagi dengan bobotnya yang dibawah 100 kg, saat akan dicoba BM sebenarnya agak ragu, karena karakter 2 tak yang tenaganya di RPM atas, namun ternyata saat digeber eh tenaga di bawahnya juga tidak kalah sama 4 tak. Buat yang fanatik sama motor 2 tak kayaknya cucok banget nih buat di bawa pulang.

Husqvarna FE 250 ( 4 Tak Enduro ) :

Husqvarna FE250 Saat Dinaiki BalapMotor.Net

Untuk motor yang satu ini, bisa dikatakan motor yang paling cucok untuk ukuran Indonesia, menurut Mr. Rosex Nursaid dari Indonesian Dirt Bike ( IDB ) yang pastinya ahli di bidang adventure mengatakan. ” Dengan bobot motor hanya sekitar 107 kg, FE 250 sangat nyaman untuk dipakai offroad di segala medan. Handling motor juga enak. Yang terasa istimewa itu adalah suspensinya. Enak sekali bro! Melibas jalur batu, pasir dan rintangan kecil seperti akar pohon yang melintang itu suspensi mampu bekerja dengan baik. Membuat tangan tidak terasa cepat capek.” tutur Rosek Nursaid dari IDB . Hal yang sama dirasakan oleh BM, tenaganya emang lebih smooth dan handling masih bisa dijangkau untuk ukuran BM yang termasuk pemula di Adventure langsung bisa cepat beradaptasi. Rosek Nursaid juga menambahkan bahwa untuk type FE250 merupakan type yang paling cocok untuk Indonesia.

Husqvarna FE 350 ( 4 Tak Enduro ) :

FE350 ( Depan ) bersama Bule dan Arie Kroser Magazine

Nih motor sebenarnya diciptakan untuk para pengguna FE250 yang masih merasa kurang tenaganya, nah di FE350 merupakan motor dengan handling yang hampir sama dengan FE250 namun tenaganya lebih gahar. Meskipun power jauh lebih gahar dibandingkan FE250, namun saat diajak bermanufer memang tidak jauh berbeda dengan FE250. Menurut Rosek Nursaid lagi juga menambahkan ” Soal suspensi FE 350, sama dengan lainnya, enak sekali. Yang menurut saya itu yang paling istimewa adalah di bagian handling. Dengan mengusung mesin 350 cc, motor ini sangat enak sekali dibuat meliiuk-liuk di jalur single track. Powernya tidak kurang dan juga tidak berlebihan. Dengan demikian, pengendara menjadi tidak cepat capek. Karena kalau power kegedean, di jalur yang sempit juga akan membuat kedodoran si pengendaranya.

Husqvarna FE 450 ( 4 tak Enduro ) :

HUsqvarna FE 450 saat digeber Bule

Nah kalau motor yang satu ini memang ditujukan buat yang demen banget motor tenaga gede, secara gitu untuk pemula pastinya bakalan lumayan kesulitan untuk diajak di jalur adventure singgle track. Namun untuk jalur yg agak gedean motor ini sungguh mantap. Untuk type ini giliran Arie Anggoro jurnalis dari Kroser Magazine memberikan tanggapanya. ” Untuk FE450 nyaman sekali mas, dari sisi handling, suspensi lebih stabil dibanding versi 2014. Namun untuk motor ini butuh adaptasi bagi yang biasa pakai 250 karena tenaganya yang jauh lebih responsif.” tutur Arie Anggoro yang untuk soal ini pastinya tidak diragukan lagi.

Husqvarna FE 501 ( 4 Tak Enduro ) :

Husqvarna TE501

Inilah motornya raja adventure, motor dengan kapasitas paling besar yang diuji coba kemarin ini awalnya para awak media pada tidak mau menjajal duluan, ya karena takut saja. Yang di percaya akhirnya ya Rosek Nursaid dari IDB yang emang biasa adventure naik motor seperti itu. Dan menurut Rosek Nursaid mengatakan kalau tenaga FE501 malah lebih smooth, waduh kok isa yah. ” Meskipun mengusung mesin 501 cc, sebetulnya ketika dipakai di jalur offroad itu justru FE 501 terasa lebih smooth dibandingkan FE 450. Tenaganya yang smooth membuat tidak cepat capek pengendara, tinggal buka gas, motor ini akan melaju dengan santainya. Kalau di daerah terbuka, motor ini menunjukan performa terbaiknya. Tetapi untuk jalur single track, akan butuh ekstra tenaga dan skill dari pengendara, karena motor terasa lebih berat dibandingkan yang 450 apalagi dengan yang 250 atau 350.” tutur Rosek yang asli Malang ini. Bagaimana nih Balap Mania, ayo dipilih saja, untuk harganya tuh bisa lihat di artikel sebelumnya, ayo gass. luvo | pic : Reza

Sebelum Berangkat Berdoa Dulu
Sebelum Berangkat Berdoa Dulu

SSS Racing