Kejurnas Sportbike Series Siap Digelar di Tahun Ini, Ronde Pembuka Bareng WorldSBK di Mandalika

BalapMotor.Net – Akhirnya, Kejurnas Sportbike bakalan kembali digelar pada tahun 2023 ini. Terakhir kalinya, Kejurnas Sportbike sendiri digelar pada 2018, saat itu titelnya Indospeed Race Series (IRS).

Menariknya nih, ronde pertama Kejurnas Sportbike Series 2023 bakalan digelar di Mandalika, NTB pada 3-5 Maret 2022 atau dibarengkan dengan gelaran WorldSBK.

LENKA MiniGP SSS Racing

Tentunya ini menjadi kesempatan bagi rider nasional untuk bisa mencicipi balapan di Pertamina Mandalika International Circuit. Sampai dengan saat ini, kan baru para rider ATC asal Indonesia, lalu para pembalap AHRT dan komunitas yang sudah menjajal trek tersebut.

Para pembalap nasional justru belum merasakan langsung balapan di sirkuit yang mulai dibuka pada 2021 akhir tersebut. Lebih keren lagi balapannya bareng dengan gelaran WorldSBK, wah kapan lagi coba.

Dikutip dari Gridoto, H.Eddy Saputra dari Komisi Olahraga Sepeda Motor IMI Pusat mengatakan bahwa gelaran Kejurnas Sportbike bakalan digelar tiga ronde di tahun 2023 ini. 

“Insha Allah ada tiga seri, yang pertama di Mandalika. Ada slot kosong 2×45 menit yang awalnya dipersiapkan untuk Asia Talent Cup di WorldSBK Mandalika, akan kami pakai untuk Kejurnas saja,” ungkap H.Eddy Saputra.

Seperti pada flyer event yang tersebar, gelaran Kejurnas Sportbike sendiri akan dibuka tiga kelas yaitu 150cc, 250cc dan 600cc. 

Sampai saat ini, untuk tim balap nasional yang sudah menyatakan keikutsertaannya adalah pasukan LFN HP969. Tim milik H.Putra Rizky tersebut akan menurunkan Rafid Topan dan Rere pada kategori 250cc.

Lalu pada kelas 150cc akan menurunkan Reza Hanum Subentra dan Fahmi Basam. Semoga saja tim-tim balap nasional lainnya juga akan ikut meramaikan gelaran ini. (**)

GM-helm VND Racing PARD