Jelang Yamaha Sunday Race 2019 : Menunggu Motor Tune Up Berteknologi VVA Tarung

All New Yamaha R15 Racing Blue
Yamaha

BalapMotor.Net – Pada gelaran balap Yamaha Sunday Race (YSR) musim 2019, Yamaha All New YZF-R15 menjadi motor wajib pada kelas All New R15 Pro. Pastinya, tim-tim serta pembalap profesional akan bertarung dengan motor terbaru Yamaha ini.

Yang bikin penulis penasaran adalah dimana motor All New R15 ini sendiri menggunakan teknologi yang cukup tinggi yaitu Variable Valve Actuation (VVA). Teknologi VVA sendiri adalah dimana pada RPM tertentu, noken as akan berganti.

Untuk All New R15 sendiri setelah putaran mesin mencapai 7.400 rpm, VVA pada R15 akan aktif. ECU memberikan instruksi ke selenoid untuk pindah kem. VVA mengubah durasi intake low cam jadi intake high cam. Valve berubah, durasi berubah, lift berubah, otomatis tenaga siap terus berisi.

Teknologi ini kalau di mobil Honda disebut V-Tech atau di mobil Toyota disebut VVTi.Selain pada Yamaha All New R15, teknolgi VVA juga diterapkan pada motor Yamaha N Max, Yamaha Lexi dan juga Yamaha Aerox.

“Jadi untuk tahun ini kita wajibkan kelas Pro untuk menggunakan moto All New R15.Tetapi untuk regulasinya sendiri boleh menggunakan dan tidak menggunakan VVA,” ujar Robby Winaldy dari divisi Motorsport PT. Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM).

Menurut Yogie dari MBKW2 Racing Jogja, teknolgi ini sangat canggih dan sangat bagus untuk motor balap. “Teknologi ini sangat canggih, dan untuk motor balap sangat bagus,” ujar Yogie MBKW2 Racing yang menangangi pacuan dari tim Yamaha Akai Jaya Palu.

Aksi Ikhsan Lala diatas All New R15 saat latihan jelang putaran perdana Yamaha Sunday Race 2019 | Foto : Instagram

Meski demikian, ternyata untuk gelaran perdana Yamaha Sunday Race (YSR) 2019 akhir pekan ini (22-23/6) belum dipastikan akan tarung menggunakan motor dengan VVA atau masih dengan teknologi lama. “Kita menyiapkan motor dengan VVA dan yang masih lama, jadi kita akan lihat bagaimana kalau di sirkuit,” tambah Yogie.

Nah, buat yang penasaran siapa saja tim-tim dan pembalap yang akan menggunakan All New R25 dengan VVA pada balapan akhir pekan ini, tunggu saja updatenya di BalapMotor.Net yah gaes. | Luvo

GM-helm SSS Racing