Digempur Mesin Racikan Jawa, FIZR Karya Lokal Papua Sukses Podium di Road Race Merauke!

Iksan Lala | Foto: SyahrulDandy

BalapMotor.Net – Bupati Cup Balap Motor yang berlangsung di sirkuit Freedgeeb Waniggap Sai Gau Tak, Merauke (12-13/12) kemarin berlangsung ramai dan meriah. Selain itu acara tersebut juga jadi hiburan tersendiri bagi masyarakat di Merauke.

Obat kangen yang benar-benar memuaskan. Pasalnya, beberapa rider top tanah air hingga Asia juga ikut hadir di sirkuit yang akan dipakai dalam ajang PON Papua cabor balap motor mendatang.

SSS Racing

Selain pembalap, mekanik kondang juga ikut menyemarakan event tersebut. Tak hanya 4 tak, motor-motor 2 tak juga banyak mesin yang diorder langsung dari Jawa-Madura.

Bebek goreng karya lokal Papua

Meski begitu, ternyata karya lokal Papua juga berhasil unjuk gigi. Seperti kuda pacu Yamaha F1ZR yang dipakai Iksan Lala. Motor berwarna orange ini berhasil mendulang podium di kelas bebek 2T STD 120cc open.

Motor milik Riko Bakker tersebut merupakan garapan dari mekanik asli Jayapura yaitu Rons22. Meskipun belum berhasil di podium teratas, namun bisa melawan dan merepotkan mesin mekanik kondang Jawa pastinya cukup memuaskan.

Riko Bakker (owner motor)

Perlu diketahui juga, Yamaha F1ZR yang diboyong tim Krisna Motor tersebut katanya baru jadi dan perdana ikut event balap. “Betul mas, ini mesin baru jadi dan pertama ikut main,” ungkap Riko pemilik motor yang punya bisnis galon di Jayapura.

Bagaimana untuk jeroan mesin? “untuk spek mesin sendiri hampir sama dengan lainnya. Karbu std reamer buatan Kendar Karburator. Kompresi kita tergolong rendah yaitu 10,3:1. Piston pakai NPP os200 54mm, dengan tinggi ex 25 dan lebar ex 29. CDI standar Original dan final gear kemarin 14-39,” papar Rons22 yang pakai hitungan rasio 14-35, 17-28, 19-24 dan 22-23. (Yugo/Pace)

GM-helm