Yamaha Jupiter Z1 Asli Sulawesi, Siap Gempur Region Jawa

GM-helm

BalapMotor.Net – Saat YCR seri perdana yang digelar di Purwokerto akhir pekan lalu ( 20/4 ), ternyata tidak hanya muncul Yamaha Z1 racikan mekanik Jawa saja. Achos mekanik asli Sulawesi yang sudah banyak menelurkan pembalap-pembalap top Sulawesi saat seri pertama YCR menurunkan Yamaha Z1 racikan dia sendiri.

Digeber Ridwan De Aji dibawah panji Jasti Putra Imola Creampie Timika, memang hasilnya belum maksimal saat berlaga di sirkuit Gor Satria Purwokerto. Finish ke-6 di kelas YCR 1 sebenarnya sudah lumayan bagus mengingat lawan-lawanya merupakan motor hasil korekan jawa, dan khusus Z1 malahan Z1 racikan Syafaruddin Daeng Lalang ini merupakan Z1 tercepat ke-3 dari semua Z1 yang berlaga di YCR 1 YCR Purwokerto.

Z1 Sulawesi ini hanya kalah dari Z1 pacuan Fedri Efendi yang menjadi jawara dan Z1 geberan Tedy Permana yang berada di posisi ke- 4. Jika yang lainya merupakan Jupiter  kloningan Jepang baik yang sudah diutak-atik ataupun masih standaran Jepang nah yang ini beneran versi lokal Sulawesi. Dan jika yang lainya menggunakan sistem pengkabutan bahan bakar injeksi nah mekanik yang rencananya tahun ini bakalan turun penuh di Jawa ini masih menggunakan sistem karburator.

” Kita masih menggunakan sistem Karburator karena memang alat buat menseting injeksi belum ada.  Jadi kita memaksimalkan yang lainya. Yang istimewa di dalam mesin Z1 yaitu silinder headnya.  Keunggulanya di area porting, jadi kita bisa benar-benar maksimal mendapatkan tenaga dari portingnya yang bisa diarahkan kemana aja. Dan untuk saat ini PR masih berkutat pada seputar Crankshaft yang masih bèlum terpecahkan” ungkap Achos mekanik yang pernah membesarkan pembalap top semacam Willy Hammer, Richard Taroreh, Syahrul Amin dan banyak lagi.

Untuk pembalap sendiri saat ini Ridwan De Aji merupakan pembalap pinjaman dari Yamaha Sholtana yang aslinya berlaga region 5 Sulawesi, jadi Achos sedang mencar

i-cari pembalap buat membawa motor garapanya tersebut. RR

Data Modifikasi :

Karburator                : Keihin PWK 24    ( main jet 120/ pilot jet 60 )

Klep                              : 28mm ( masuk ) dan 23 ( Keluar )

CDI                               : Rextor Pro Drag

Knalpot                       : Creampie

Tuner                           :  Syafaruddin Daeng lalang

Tim                                : Jasti Putra Imola Creampie Timika

Pembalap                    : Ridwan De Aji   ( YCR Purwokerto )

 

 

 

 

SSS Racing