Modifikasi Honda CBR150R Bertenaga 32HP Jawara Dyno Battle #2

Penampakan CBR150R Jawara Dyno Battle #2

BalapMotor.Net – Putut Wijanarko atau yang lebih dikenal sebagai Saonone Motovlog sukses menjadi jawara gelaran Dyno Battle #2 yang digelar oleh Astra Motor Yogyakarta selaku main dealer sepeda motor Honda untuk wilayah DIY, Kedu dan Banyumas pada 16 Oktober 2021.

Putut mampu menjadi jawara pada kelas CBR150 Open setelah motornya mampu memuntahkan power sebesar 23.9KW atau 32,05HP di atas Dyno Kowa Seiki Dino milik Astra Motor Yogyakarta. Dengan power yang dua kali lipat dari standarnya tersebut, ternyata Putut menggunakan CBR150R pacuannya sebagai motor harian dan touring.

“Motor ini juga dipakai buat harian, buat ngonten dan juga touring. Sebelumnya pernah juga ikut CBR Race Day mas,”ungkap Putut Wijanarko kepada penulis.

Putut Wijanarko
SSS Racing

Lalu apa saja ubahan di CBR150R milik Putut tersebut? Yuk kita bahas gaes. Putut sendiri memilih untuk menaikan kapasitas mesin pacuannya menjadi 180cc dari standarnya yang hanya 150cc.”Untuk mesin sebenarnya tidak banyak yang dirubah, untuk head aku masih pakai standar,ukuran klep juga masih standar,” ujar Putut.

“Headnya hanya diporting, terus noken as dari BRT, throttle body juga di up ke 34mm, silinder bloknya pakai XTR ceramic diameter 63mm jadi kapasitasnya naik jadi 180 mas. Untuk bagian kruk as yang bawah standar semua,” tambah Putut.

Putut juga menambahkan kalau motornya hanya pakai ECU Juken 5 Pro dari BRT. Lalu knalpot menggunakan 3 Tech Racing Evolution.Perlu diketahui juga bahwa Putut melakukan modifikasi motornya di bengkel miliknya sendiri bersama teman-temannya.

Mengenai modifikasi CBR150R, Putut mengaku kalau saat ini kita cukup terbantu dengan banyaknya part racing yang tersedia dipasaran. Apalagi basis mesinnya sama dengan Honda Sonic 150 yang dipakai untuk balap Kejurnas, jadi bakal lebih mudah lagi.

“Kalau untuk modifikasi dilakukan di Saonone Motorsport yang alamatnya di Jalan Kaliurang KM 10,5 mas. Jadi itu bengkel sendiri bareng teman-teman,” terang Putut. Nah, untuk selengkapnya bisa pantengin videonya di BalapMotor.TV Youtube Channel.

Tonton Videonya

GM-helm PARD