Elka Pichu Lanjitna Dan Jupiter Z Kabochi : Pembalap Dan Motor Sulawesi Yang Bikin Geger Motoprix Solo

GM-helm

BalapMotor.Net – Pada saat gelaran seri 2 kejurnas Motoprix region 2 yang digelar di trek dadakan GOR Manahan Solo 3-4 Mei lalu, di kelas MP3 ada nama baru yang bikin kejutan, dan semuanya terkejut.

Elka Pichu Latjinta, siapa yang tau nama pembalap ini, namanya masih jarang disebut di media namun bisa langsung menggebrak dan jadi jawara di kelas MP3 alias bebek TU 125cc Pemula. Tidak hanya menang saja, namun Elka Pichu pembalap asal Kendari yang menunggangi kuda besi dari tim Jasti Putra DPRT Creampie Kabochi Imola ini juga meninggalkan jauh lawanya selepas dia mampu keluar dari rombongan yang berebut posisi pertama.

Elka Pichu balapan di Jawa dibawa oleh Syafaruddin Daeng lalang alias Achos yang merupakan owner tim Kabochi yang terkenal sukses membawa pembalap asal Sulawesi dan Papua ke ranah Jawa. Untuk prestasi disana sendiri menurut Achos Pichu bukalan pembalap yang menonjol. Satu tahun saja hanya bermain beberapa kali saja, dan bisa dihitung dengan jari karena dia belum dibawa oleh tim yang bisa membawanya balapan full kejurnas.

Aksi Elka Pichu Lanjitna
Aksi Elka Pichu Lanjitna

” Motivasinya sangat kuat mas buat maju, mungkin karena banyak makan mie instan di markas Kabochi yang bisa bikin semangat dia lebih naik lagi. ” Ungkap Achos sang owner, mekanik sekaligus mentor pembalap di tim Kabochi ini sembari menggambarkan bahwa di markas Kabochi yang sekarang stay di Jogja ini buat balapan serba sangat pas-pasan. Maklum saja ini kan bukan tim pabrikan atau tim dengan sponsor banyak.

Untuk Pichu sendiri pada saat race MP4 dia terkena jump start dan pastinmya membuat saat balapan dia sangat kacau, namun  di MP3 Pichu membalasnya dengan kemenangan.

” Saya masih gugup mas, ini pertama kalinya balapan di Jawa dan di kejurnas mas. Saya juga hanya latihan MP3 cuma sekali dan belum bisa memberi masukan buat setingan motornya mas, beruntung masih bisa menang. ” Ungkap Pichu yang baru selesai ujian sekolah menegah atas alias SMA ini.

Rencananya Pichu tahun ini bakalan turun penuh di kejurnas Motoprix Jawa, meskipun absen di seri pertama, namun kemenangan di seri ini sudah bisa jadi ancaman yang serius buat lawan-lawanya  seperti Doohan Akbar, Samsul Arifin, A.M Fadly, Adly M. Taufik , Dicjy Ersa dan lainya.

Melihat dari gaya balapnya Pichu juga sangat berbeda, dia bisa stabil dengan line dia, jadi tidak terpengaruh dari line lawan-lawanya. Kalau untuk setingan motornya sendiri menurut Achos itu adalah motor yang pernah dipakai Syahrul Amin pada tahun 2012 dan tahun lalu juga dipakai salah satu pembalap Sulawesi dan kali ini hanya ganti piston saja. Dan yang bikin geger yaitu kabrnya nih motor sokbeker belakangnya ga ada olinya karena bocor hehe. Buat spesifikasinya monggo dilihat di bawah ini. Didit

 

SPESIFIKASI YAMAHA JUPITER Z  MP3 JASTI PUTRA DPRT CREAMPIE KABOCHI :

Klep    : 26 mm ( In ) 22,5 mm ( Ex )

Durasi kem : Kisaran in/ex 276

Kompresi   : 13 :1  ( Untuk mensiasati trek Manahan Yang Patah-patah )

Karburator : Sudco 24mm

Spuyer : 27,5 dan 185

Knalpot : Creampie

 

Jupiter Z Kabochi

Jupiter Z Kabochi.2

Jupiter Z Kabochi.3

SSS Racing