Ternyata Pada 1978, Suzuki RG500 Tunggangan Barry Sheene Sudah Pakai Winglet

Penampakan Suzuki RG500 dengan winglet pada tahun 1978 | Foto : Suzuki
GM-helm

BalapMotor.Net – Penggunaan winglet pada pacuan MotoGP kembali digaungkan oleh tim Ducati pada musim balap 2015. Tetapi, akhirnya penggunaan winglet resmi dilarang pada tahun 2017 dengan alasan safety.Meski demikian, winglet sampai saat ini masih ada, hanya dibalut dengan body diluarnya biar lebih safety.

Ternyata nih, penggunaan winglet sendiri sudah ada jauh sebelum Ducati menggunakannya di motor balapnya. Pada tahun 1978, Suzuki RG500 tunggangan legenda MotoGP Barry Sheene sudah mengaplikasikan winglet.

Winglet Ducati tahun 2015 yang akhirnya model seperti itu banyak diikuti pabrikan lain dan akhirnya juga dilarang dengan alasan safety | Foto : PhotoGP

Tujuan pemasangan winglet pada pacuan pembalap asal Italia ini juga sama seperti pada MotoGP era saat ini yaitu untuk aerodinamika. Meski desainnya sederhana, tetapi tujuannya yaitu untuk mengurangi roda depan terangkat atau wheelie saat akselerasi.

Perlu diketahui juga bahwa tenaga mesin 2 Tak 500cc tentunya cukup bengis, apalagi pada era tersebut boro-boro menggunakan teknologi elektronik yang membuat motor lebih mudah dijinakan.

Barry Sheene sendiri pada musim balap 1978 akhirnya menjadi runner up kejuaraan GP500 dan hanya kalah 10 poin dari sang juara dunia kenny Roberts. Dengan Suzuki RG500 tersebut, Barry Sheene mamu meraih dua gelar juara yaitu di GP Venezuela dan GP Swedia.

Winglet masih ada, hanya saja dibuat lebih safety dan tidak runcing atau dibuatkan rumah body | Foto : MotoGP
SSS Racing