Sudah Bela Enam Pabrikan Berbeda, Leon Haslam Sebut Suzuki Paling Manis

Leon Haslam (Suzuki) | Pic: Speedweek

BalapMotor.Net – Kejuaraan Dunia Superbike 2022, nama Leon Haslam tidak akan muncul lagi. Posisinya selama dua tahun di tim HRC sudah digantikan oleh dua jagoan muda dari Moto2 dan MotoGP.

Haslam kabarnya akan kembali ke Superbike Inggris (BSB). Namun menarik melihat kiprah pembalap berusia 38 tahun itu. Selama karirnya di WorldSBK, Haslam sudah memberikan podium untuk enam pabrikan berbeda.

Antara 2003 dan 2021, Haslam naik podium sebanyak 45 kali dalam 313 balapan, lima di antaranya sebagai pemenang. Dia memberikan podium untuk Aprilia, BMW, Ducati, Honda, Kawasaki, dan Suzuki.

SSS Racing GM-helm

Pada tahun 2010 ia merayakan kesuksesan terbesarnya bersama tim Suzuki Alstare, dengan 14 podium, termasuk tiga kemenangan, ia menjadi runner-up di belakang Max Biaggi (Aprilia).

Saya tidak menyangka bisa bersaing dengan Suzuki saat itu. Tapi itu ternyata menjadi musim terbaik saya, saya berada di podium di lebih dari setengah balapan. Saya tidak menyangka menjadi nomor 2 dunia melawan Aprilia dan pabrikan Yamaha,” ungkap Haslam dilansir dari speedweek.

VND Racing PARD